10 UMKM di Kendari Terima Bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat

8
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Kementerian Agama Republik Indonesia menyerahkan bantuan program pemberdayaan ekonomi umat kepada 10 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kendari.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kendari Barat ditunjuk sebagai percontohan revitalisasi program pemberdayaan ekonomi umat.

Kepala Kementerian Agama Sulawesi Tenggara Zainal Mustamin menjelaskan, program pemberdayaan ekonomi umat merupakan program Menteri Agama terkait revitalisasi KUA. Di dalamnya terdapat kegiatan keumatan yang berbasis pemberdayaan ekonomi.

-iklan-

“Untuk tahap awal pemberdayaan ekonomi akan dilibatkan pengusaha kecil yang ada di sekitar KUA,” ujar Zainal Mustamin di KUA Kecamatan Kendari Barat, Jumat (1/7/2022).

Sementara Kepala KUA Kecamatan Kendari Barat Harman mengatakan, untuk jumlah bantuan yang disediakan di di KUA Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari yakni Rp100 juta dan setiap UMKM diberikan bantuan Rp10 juta.

Dia mengatakan, 10 titik UMKM yang diserahkan bantuan tersebut berdasarkan petunjuk teknis, yang mana diutamakan untuk usaha kecil yang tersendat akibat pandemi.

Di tempat yang sama, Asisten 1 Pemkot Kendari Amir Hasan meminta agar dalam memberikan bantuan pada masyarakat disertakan dengan pemberian pemahaman ekonomi agar mereka lebih paham sehingga ekonomi Islam bisa tumbuh seiring perkembangan zaman.

“Melalui kegiatan ini saya berharap, para peserta bisa mengaplikasikan apa saja yang sudah didapatkan sepulang dari tempat ini dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat Kota Kendari,” harapnya.

Untuk diketahui, program ini akan berlangsung selama 3 tahun. Selain bantuan, para pengusaha juga akan mendapatkan pendampingan. (bds*)

Komentar Pembaca