Besok, Pj Bupati Buton, Bombana, Kolut dan Wabup Koltim Dilantik Gubernur Ali Mazi

3
Dengarkan Versi Suara

JALUINFOSULTRA.COM, KENDARI – Tiga kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan dijabat oleh Penjabat (Pj) bupati berhubung kepala daerah definitif hasil Pilkada 2017 bakal berakhir Agustus ini.

Ketiga daerah tersebut, yakni Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Ketiga daerah yang berakhir masa jabatan kepala daerah definitifnya tidak secara bersamaan.

Bupati dan Wakil Bupati Bombana serta Bupati dan Wakil Bupati Kolut berakhir masa jabatannya 22 Agustus 2022. Sementara Bupati dan Wakil Bupati Buton 24 Agustus 2022.

Gubernur Sultra Ali Mazi sebelumnya telah mengusulkan tiga nama ke Kemendagri guna mengisi kekosongan jabatan bupati di tiga daerah hingga 2024 mendatang.

Ketiga nama yang diusulkan, Gubernur Ali Mazi sudah diamini Kemendagri tinggal menunggu jadwal pelantikan sebagai pj bupati.

-iklan-

Plt Sekertaris Daerah (Sekda) Sultra Asrun Lio saat dikonfirmasi media ini mengatakan, pelantikan ketiga Pj dan Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) sudah terjadwal.

“Insyaallah besok 24 Agustus akan dilakukan pelantikan serentak tiga kabupaten yang berakhir masa jabatannya, Buton, Kolut dan Bombana serta Wakil Bupati Koltim,” kata dia, Selasa (23/8/2022).

Namun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra ini enggan menyebut siapa-siapa saja nama tiga Pj bupati yang bakal dilantik esok hari.

“Nama-namanya, secara resmi akan disampaikan besok,” jelas dia.

Sebagai informasi, sebelumnya tersiar tiga nama yang diusulkan Gubernur Ali Mazi untuk menjabat sebagai Pj Bupati Buton, Bombana, dan Kolut.

Pj Bupati Bombana diisi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan SDA Sultra Burhanuddin. Kemudian Pj Bupati Buton dipercayakan kepada Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Basiran.

Sementara Pj Bupati Kolut Kemendagri menunjuk Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra Parinringi. (ads/detik)

Komentar Pembaca