Hasil Piala AFF U-19 Timnas Indonesia vs Brunei: Garuda Muda Berjaya Pesta Gol

15
Dengarkan Versi Suara

Berikut rangkuman hasil pertandingan babak pertama Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Duel seru tersaji di laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara tuan rumah Timnas Indonesia U-19 vs Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (04/07/22).

Timnas Indonesia U-19 yang mengincar kemenangan mampu bermain beringas. Mereka unggul 6-0 di babak pertama atas Brunei Darussalam.

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-19 mampu menambah satu gol lagi dari kaki Nico. Skor 7-0 untuk keunggulan Garuda Muda bertahan hingga laga usai.

Kemenangan perdana ini membuat Timnas Indonesia U-19 naik ke posisi kedua dengan empat poin, di bawah Thailand dengan enam poin.

Babak I

Timnas Indonesia U-19 langsung tampil menggebrak di awal-awal pertandingan. Perbedaan kualitas membuat mereka lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Skuad Garuda Muda unggul lebih dahulu melalui gol Kakang Rudianto pada menit ke-2. Umpan tarik Kakang dari sisi kanan yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Hokky Caraka. 

ersentak gol cepat, para pemain Brunei Darussalam mencoba bangkit. Serangan coba mereka bangun meski kesulitan untuk sampai ke pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Menit ke-10, Timnas Indonesia U-19 menggandakan skor menjadi 2-0. Kali ini giliran Ronaldo Kwateh mencetak gol lewat tembakannya yang tak bisa dihentikan kiper Danish Aiman.

Dua menit berselang, para pemain Timnas Indonesia U-19 memperlebar keunggulan menjadi 3-0 di menit ke-14, melalui kaki Hokky Caraka berawal dari kemelut di depan gawang lawan.

Gol kembali tercipta pada menit ke-18. Kerja sama apik Kakang Rudianto dan Hokky Caraka menambah keunggulan menjadi 4-0.

Dua menit kemudian Timnas Indonesia U-19 menambah gol menjadi 5-0 melalui kaki Arkhan Fikri.  Timnas Indonesia U-19 nyaris menguasai seluruh area lapangan, dan tidak memberikan kesempatan para pemain Brunei Darussalam mengembangkan permainan.

Hasilnya pertahanan mereka terus dihujani tekanan. Seperti tendangan Marselino yang sayang masih melebar di menit ke-24.

Lima menit jelang babak pertama usai, Timnas Indonesia U-19 mendapat beberapa peluang sayang masih belum menemui sasaran. 

Namun di menit-menit akhir babak pertama, Timnas Indonesia U-19 menambah gol melalui Hokky Caraka di menit ke-45+2. Skor 6-0 bertahan hingga turun minum.

Babak II

Memasuki babak kedua, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong langsung melakukan rotasi pemain dengan menarik sejumlah nama setelah unggul telak di babak pertama.

Marselino keluar digantikan Ferdi, Ronaldo Kwateh keluar digantikan Razzaa, dan Arkhan keluar digantikan Zanadin.

ama terakhir langsung membuat ancaman. Sentuhan pertamanya melakukan tendangan ke arah gawang Brunei Darussalam tapi masih melambung.

-iklan-

Di menti ke-61, Timnas Indonesia U-19 menambah keunggulan menjadi 7-0 lewat gol Nico, yang baru masuk menggantikan Kakang.

Pada menit ke-71, bintang Timnas Indonesia U-19 di pertandingan ini, Hokky Caraka ditarik keluar untuk digantikan Rabbani.

Baru masuk Rabbani langsung tampil ngegas. Ia mendapat peluang lewat kerja sama dengan Tata tapi upayanya masih belum berbuah gol.

Memasuki 10 menit jelang pertandingan berakhir, Timnas Indonesia U-19 masih terus mendominasi pertandingan. Di menit ke-86 tendangan sudut gagal dimanfaatkan Skuad Garuda Muda.

Hinga wasit meniup pelut panjang, skor 7-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam tak berubah. 

Susunan Pemain

Laga ini merupakan laga yang menjadikan jalan Timnas Indonesia Grup A Piala AFF U-19 2022 mulus untuk ke depannya.

Maka hasil menang merupakan harga mati yang harus diraih oleh anak asuh Shin Tae-Yong pada malam ini, jika ingin lolos dari fase grup dan melaju ke babak semifinal.

Menghadapi Vietnam, Shin Tae-yong mengandalkan skema 3-5-2, yang bukan tidak mungkin bakal ia pakai lagi untuk starting melawan Brunei nanti malam.

Barisan pertahanan Timnas Indonesia U-19 pun diprediksi masih akan diperkuat oleh Cahya Supriadi sang kiper.

Kemudian di depannya, skema tiga bek sejajar akan diisi oleh Ahmad Rusadi, Marcell Januar Putra, dan Kakang Rusdianto.

Selain lini belakang yang sedikit berubah lantaran absennya Muhammad Ferarri, lini tengah Timnas Indonesia U-19 pun diyakini akan mengalami hal serupa – meski tidak akan banyak berbeda.

Sementara itu, Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka juga bakal kembali jadi andalan di lini depan Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19: Cahya, Rusadi, Marcell, Dimas Pamungkas, Kakang, Tata, Rafli, Marselino, Arkhan, Hokky, Ronaldo.

Cadangan: Erlangga, Dimas Maulana, Frezy, Ferdiansyah, Zanadin, Ginting, Nico, Razzaa, Edgard, Ricky, Rabbani.

Brunei Darussalam U-19: Danish Aiman, Rawi, M. Lim, Syariee, Omar, Aleshahmezan, Yazid, Aminuddin, Latip, Affendy, Munawwar. (indosport)

Komentar Pembaca