Melanesia, Mengenal Daerah Mana Saja yang Termasuk Ras Melanesia di Indonesia

21
Dengarkan Versi Suara

Masyarakat Indonesia diberkahi dengan banyaknya keberagaman ras dan suku yang menghuni berbagai wilayah yang ada di nusantara seperti Melanesia.

Indonesia memiliki banyak keragaman budaya, Bahasa dan penampilan yang luas hingga tidak bisa dikelompokkan kedalam satu grup saja. Salah satu buku keluaran Direktorat Jenderal Kebudayaan Indonesia ternyata telah membahas mengenai satu ras yang bernama Melanesia.

Buku berjudul ‘The Melanesian Diaspora in Indonesia’ tersebut melacak asal usul penduduk yang hidup dan tinggal di wilayah Indonesia.

Karena kedatangan orang paling awal di wilayah tertentu sudah terjadi jauh sebelum catatan tertulis ditemukan, mengembangkan gambaran masa lalu bergantung pada metode dari arkeologi, linguistik, dan genetika untuk melihat siapa saja ras awal penghuni wilayah di Indonesia.

Pendekatan multi-disiplin seperti geologi, antropologi, sejarah, sosiologi dan lainnya digunakan untuk menelusuri kisah orang-orang di masa lalu atau mereka yang bermigrasi yang terjadi sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Terlepas dari keberagaman kelompok yang sangat luas di Indonesia, menurut buku yang dikutip dalam laman resmi kemdikbud tersebut, ada dua kelompok atau ras utama yang dapat terlihat jelas perbedaannya.

Yaitu kelompok atau ras Melanesia dan Austronesia. Istilah Melanesia digunakan utnuk menggambarkan masyarakat atau penduduk yang tinggal di daerahdaerah seperti :

-iklan-

Nusa Tenggara Timur

Maluku

Maluku Utara

Papua

Papua Barat

Ras Melanesia juga ditemukan tinggal di Papua Nugini dan negara-negara kepulauan lainnya di pasifik barat daya. Namun jumlah terbesarnya ternyata di temukan di Indonesia.

Sedangkan untuk ras Austronesia menurut laman yang sama, mengacu kepada kelompok masyarakat yang berada di bagian tengah dan barat Indonesia.

Daerah yang termasuk ke dalam ras Melanesia di Indonesia kebanyakan berada di wilayah Indonesia bagian timur.

(utaratimes)

Komentar Pembaca