Jelang NATARU Lintas Gereja Imbau Masyarakat Jaga KAMTIBMAS di SULTRA

16
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM, KENDARI – Menyongsong natal dan tahun baru, lintas gereja mengadakan pertemuan (29/11) di salah satu gedung pertemuan Kota Kendari, pertemuan itu dilaksanakan bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Sultra dan diinisiasi oleh Subdit IV Dit intelkam Polda Sultra.

Dalam kegiataan itu hadir beberapa pejabat diantaranya, mewakili Direktur Intelkam Polda Sultra, Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sultra: AKBP Selphanus Eko WN, A.Md, Perwakilan Kakanwil Kemenag Prov. Sultra, Kapolresta Kota Kendari diwakili AKP. Akhmad Fatarung Manado, S.H. (Kasat Binmas Polresta Kendari), Pendeta Harni Manuel, S.Pi., MA., M.Th Pengurus PGLII Wilayah Sultra (Ketua Panitia), Pendeta Marthen Sambira, S.Th., Wakil Ketua FKUB Sultra/Ketua BKSG Sultra, Kompol Muh. Salam, S.H., M.H., (Kasat Intelkam Polresta Kendari)
dan para Pendeta, Gembala dan Pengurus Gereja Kota Kendari Sultra, termasuk perwakilan Kab. Konsel, Kab. Muna dan Kota Baubau.

Tema yang diusung pada pertemuan Lintas Gereja dan Denominasi itu, bagaiamana “Menciptakan Situasi Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif Pada Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilayah Sulawesi Tenggara”, pada kegiataan itu juga tampil 2 orang memberikan materi, AKP Ahmad Fatarung Manado SH, dan Pdt Marthen Sambira S.Th wakil ketua FKUB Sultra/Ketua BKSG Sultra.

Ketua PGLII Sultra, Pdt. Harni Manuel, S.Pi., M.A., M.Th., mengatakan “Kegiataan ini terlaksana atas kordinasi dengan Polda Sultra dan Kemenag Prov. Sultra serta segenap Pendeta yang ada di Sultra, kami sangat berharap pelaksaan Natal dan Tahun baru dapat berjalan kondusif dan Kamtibmas dapat terjaga seperti saat ini”.

Yang mewakili Kemenag Provinsi Sultra, Jimmy Intopiana, S.Th., mengucapkan terimakasi kepada inisiator dan pemrakarsa atas terselenggaranya pertemuan lintas agama dan denominasi bagi umat Nasrani di Wilayah Sultra, karena kegiatan ini baru ada dalam tahun ini, semoga kedepan dapat dilakukan lebih intens. Kegiatan sperti ini sangat positif dalam rangka mempererat silaturrahmi dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Natal dan Tahun Baru di Wilayah Sultra, pungkasnya.

Sedangkan Wakil ketua FKUB Sultra Pdt. Marthen Sambira, S.Th, dalam sambutannya, “Kegiataan seperti ini berharap dapat dilakukan setiap tahunnya, sebagai sarana kordinasi antara Polda Sultra dan segenap pengurus lintas gereja yang ada di Sultra, dan semoga pelaksanaan Natal dan tahun baru tahun ini dapat berjalan aman dan kondusif seperti tahun tahun sebelumnya”, tutur Marthen.

Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sultra, AKBP Selphanus Eko WN, A.Md., menghimbau kepada masyarakat, “Agar masyarakat bekerjasama dengan Polisi menciptakan kamtibmas, dengan cara tidak melakukan perbuatan melanggar hukum seperti berjudi, mabuk-mabukkan dan membuat keonaran, anggota Kita juga ingatkan, kalau ada kejadian atau tindak pidana, tolong segera lapor ke aparat biar dengan cepat di tindak lanjuti sehingga sebuah kejadian tidak menjadi panjang dan besar” ucapnya. (***)

Komentar Pembaca