Penjelasan Manajemen Soal Tarif Baru Kapal Cepat Kendari-Raha-Baubau

1
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Tarif atau harga tiket kapal cepat tujuan Kota Kendari, Raha dan Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dinaikkan dan mulai diberlakukan sejak 5 September 2022.

Kepala Operator PT Pelayaran Dharma Indah Sardif mengatakan, kenaikan tarif tersebut merupakan bentuk reaksi pihak perusahaan terhadap naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Perusahaan pun telah mengkalkulasikan untung rugi daripada kebijakan ikut menaikan harga tiket, di kala harga BBM naik per 3 September 2022.

Menurut dia, dengan naiknya harga BBM secara tidak langsung harga onderdil atau peralatan kapal juga bakal naik. Selain itu, biaya transportir atau penyuplai BBM ke kapal tersebut juga dipastikan naik.

Oleh karena itu, Sardif bilang, harga tiket kapal cepat milik perusahaan yang dinaunginya memutuskan untuk menyesuaikan harga.

“Yang punya perusahaan menaikkan harga tiket pasti sudah dikalkulasikan untung ruginya, biaya operasional di lapangan kan besar,” ujar dia, Senin (5/9/2022).

Perlu diketahui juga, kapal milik PT Pelayaran Dharma Indah adalah perusahaan swasta. Yang tentunya, memiliki kewenangan atau hak untuk menaikkan harga tiket.

-iklan-

Apalagi beber dia, kewenangan tersebut juga diatur dalam undang-undang dengan segala kewenangan, disesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

“Jadi kapal khusus penumpang itu di Indonesia, pakai BBM subsidi. Jadi wajar apabila harga tiket kita naikkan dengan besaran 25 persen,” jelas Sardif.

Meski begitu, terkait kenaikan harga tiket ini, tambah dia, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan sejumlah pihak, misal dinas perhubungan, DPRD serta stakeholder terkait lainnya.

“Kita akan menyurat ke dinas terkait, setelah itu mungkin mereka akan membuat kalkulasi apakah sesuai atau tidak. Jelasnya nanti kita akan dipanggil juga itu,” tukasnya.

Sebagimana diketahui harga tiket kapal cepat terbaru sudah diberlakukan sejak 5 September 2022, berikut rinciannya:

Kendari-Raha

1. Eksekutif dewasa  Rp160.000
2. VIP dewasa Rp255.000
3. Eksekutif anak Rp115.000
4. VIP anak Rp172.000

Kendari-Baubau

1. Eksekutif dewasa Rp235.000
2. VIP dewasa Rp315.000
3. Eksekutif anak Rp165.000
4. VIP anak Rp200.000 (bds/detik)

Komentar Pembaca