XMXYG CORP, Dorong Hubungan Kerjasama Saling Menguntungkan Indonesia-Tiongkok di Bidang Perindustrian Nikel

10
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM, Kendari – XMXYG CORP adalah pemimpin pasar yang berperan dalam rantai pasokan. Perusahaan ini yang masuk dalam daftar Fortune Global 500 tahun 2021 dengan berada di peringkat ke-189. Kegiatan usaha korporasi raksasa ini mencakup rantai pasokan komoditas, pengembangan dan pengelolaan kawasan perkotaan, layanan keuangan terpadu, pelabuhan dan pengangkutan, inkubasi inovasi dan sebagainya. Di sisi lain, XMXYG CORP bertekad menjadi perusahaan konglomerasi yang mengutamakan rantai pasokan sebagai kegiatan inti dan berdaya saing di kancah global.

Dalam mewujudkan visi perusahaan yaitu “bermanfaat bagi dunia dan mencapai kesuksesan bersama”, XMXYG CORP dari awal hingga saat ini selalu melaksanakan inisiatif pembangunan global yang diusulkan oleh Presiden Xi Jinping. Tidak hanya itu, XMXYG CORP secara aktif mendorong pengembangan “Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI)” yang berkualitas tinggi.

Sejak tahun 2017, XMXYG CORP telah ikut serta berinvestasi dalam pembangunan proyek terintegrasi peleburan ferronikel dan Stainless Steel (PT.OSS) dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 2,5 juta ton di Sulawesi Tenggara (Sultra), Indonesia. Proyek ini telah tercantum dalam daftar proyek utama pembangunan inisiatif sabuk dan jalan oleh komisi pengembangan dan reformasi nasional Tiongkok serta telah tercantum dalam daftar proyek strategis nasional Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ, proyek tersebut juga memaksimalkan keunggulan logistik dan rantai pasokan XMXYG CORP. Menjalin konektivitas antar negara, meningkatkan tingkat kerja sama perdagangan dan investasi, mendorong kapasitas industri keunggulan Tiongkok masuk ke pasar internasional.

Proyek ini tidak hanya efektif menjamin permintaan besar dari pasar Tiongkok terhadap baja nirkarat (stainless steel) dan meningkatkan daya saing global rantai industri baja nirkarat. Tapi juga memainkan peran penting dalam pengembangan industri peleburan, penyerapan tenaga kerja dan peningkatan infrastruktur di Indonesia. Di satu sisi, sangat mendorong kerja sama dalam segi ekonomi dan perdagangan dan pertukaran budaya antar masyarakat Indonesia-Tiongkok.

-iklan-

Pada Desember 2021, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo datang melakukan kunjungan proyek dan membubuhkan tandatangan pada prasasti yang telah tersematkan produk perusahaan. Dia mengakui bahwa perusahaan membawa teknologi peleburan canggih yang secara signifikan meningkatkan nilai tambahan industri nikel Indonesia dan menyediakan lapangan kerja dan peluang bisnis bagi penduduk lokal.

Menurut statistik per Juni 2022, proyek tersebut telah memproduksi lebih dari tiga juta ton baja nirkarat (stainless steel). Dengan menghasilkan nilai perdagangan ekspor-impor lebih dari 8 miliar dolar AS serta menciptakan lebih dari 16.000 lapangan kerja secara langsung dan terakumulasi berkontribusi lebih dari 800 juta dolar AS pada pajak negara Indonesia.

Berpusat pada delapan bidang utama inisiatif pembangunan global, XMXYG CORP juga secara aktif memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan dan mendorong pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia yang telah mendapat pengakuan dan pujian secara luas dari pemerintah setempat, masyarakat sekitar dan karyawan Indonesia.

Pada sektor infrastruktur, perusahaan telah membantu daerah setempat membangun jalan beton lebih dari 50 kilometer dan 16 jembatan. Kapasitas tahunan dermaga kargo curah PMS yang dibangun untuk proyek tersebut telah melebihi 50 juta ton. Perusahaan juga memasang tangki air untuk penduduk desa sekitar secara gratis dan memasok air bersih melalui pipa pasokan air dari kawasan pabrik ke rumah penduduk, sehingga penduduk desa bisa menikmati air ledeng yang bersih yang sebelumnya mereka hanya bisa minum dari air galon.

Di bidang kesejahteraan sosial dan kerja sama anti epidemi, Perusahaan telah berturut-turut memberikan bantuan materi senilai lebih dari 10 juta yuan (1 yuan = Rp 2.221) untuk bencana banjir di Konawe, gempa bumi 7,4 SR di Palu, dan penanggulangan COVID-19.

Di bidang pelatihan karyawan, Perusahaan telah melakukan upaya besar untuk membangun sistem pelatihan talenta lokal, mengadakan pelatihan bahasa antara kedua negara serta mempercepat pelatihan talenta Indonesia dalam bentuk penandatanganan kontrak magang “1+1”. Sebelum pandemik, Perusahaan juga mengirim karyawan kunci WNI ke Tiongkok untuk mempelajari keterampilan profesional seperti pembuatan besi, pembuatan baja, pergudangan, pengujian dan lain-lain.

Di bawah pedoman strategis presiden kedua negara, XMXYG CORP bersama pihak-pihak terkait akan terus bersama-sama mengintegrasikan konsepsi konsultasi. Di sisi lain, membangun dan berbagi manfaat bersama ke dalam tindakan, bekerja keras untuk mengembangkan dan mengolah secara mendalam, menunjukkan citra Tiongkok dan Xiangyu dengan tercapainya kepentingan bersama dalam hubungan kerja sama kepada dunia. Yang mana, kisah “Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI)” yang lebih berkualitas dan lebih hangat, serta berkontribusi pada pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. (adv)

Komentar Pembaca