PSM Makassar ke Final Piala AFC Zona Asean Setelah Tumbangkan Kedah Dengan skor 2-1

10
Dengarkan Versi Suara


JALURINFOSULTRA.COM – PSM Makassar meraih kemenangan atas Kedah Darul Aman (Malaysia) dalam laga semifinal zona ASEAN Piala AFC 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa malam, 9 Agustus 2022.

Diwarnai dua pemainnya mendapat kartu merah, PSM sukses menundukkan Kedah Darul Aman dengan skor 2-1.

Melaju ke final, tim asuhan Bernardo Tavares ini akan berhadapan dengan pemenang dari laga semifinal zona ASEAN lainnya yaitu Viettel vs Kuala Lumpur FC yang akan bertanding, Rabu, 10 Agustus 2022.

Jalannya pertandingan

PSM Makassar bermain agresif di babak pertama. Yakob Sayuri dan kawan-kawan terus memberikan tekanan kepada tim asal Malaysia tersebut.

Sampai dengan menit ke-15 sudah ada beberapa peluang yang didapat Juku Eja. Hanya saja, PSM belum bisa memanfaatkannya menjadi sebuah gol.

Kedah Darul Aman terus ditekan pertahanannya. Tim besutan Aidil Sharin itu nampak kesulitan untuk keluar dari tekanan.

Memasuki menit ke-26 hampir saja PSM membuka keunggulan. Berawal dari kemelut di depan gawang Kedah, sayangnya tendangan Wiljan Pluim membentur tiang gawang,

Gol yang ditunggu akhirnya tiba. Umpan terobosan tajam Rizky Eka yang di arahkan ke kanan gawang bisa diterima dan diteruskan dengan bagus oleh Yakob Sayuri pada menit ke-31. PSM sementara unggul 1-0.

Unggul 1-0 membuat PSM Makassar tidak puas. Serangan demi serangan terus dilancarkan meski sampai turun minum tidak ada gol tambahan.

-iklan-

Di babak kedua PSM Makassar masih tampil menekan. Hampir tidak ada ruang bagi Kedah Darul Aman untuk menembus pertahanan Juku Eja.

Adapun gol kedua PSM baru tercipta lagi pada menit 54. Manfaatkan tendangan sudut dari Arfan, heading Yuran Fernandes merobek gawang Kedah sekaligus mengubah skor menjadi 2-0.

PSM Makassar terpaksa harus bermain dengan 10 pemain selepas menit 62. Yuran Fernandes harus mandi lebih cepat usai menerima kartu kuning kedua dari wasit.

Kurang jumlah pemain tidak membuat PSM menurunkan intensitas serangan. Meski memang Kedah Darul Aman kini lebih leluasa melakukan serangan.

Kedah Darul Aman sukses mengecilkan ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-87. Tendangan mendatar Fayadh Zulkifli yang cukup keras tak bisa dibendung kiper PSM Muhammad Reza Pratama.

Di menit-menit akhir pertandingan PSM dalam tekanan. Kedah Darul Aman terus berusaha untuk bisa menyamakan kedudukan.

PSM Makassar kembali harus kehilangan pemain di masa injury time. Agung Mannan diusir wasit setelah diganjar kartu merah oleh wasit. Otomatis Juku Eja bermain dengan sembilan pemain.

Namun, hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan skor 2-1 buat kemenangan PSM Makassar tidak mengalami perubahan.

Susunan pemain

PSM Makassar (4-3-3): Muhammad Reza Pratama; Yance Sayuri, Agung Mannan, Yuran Fernandes, Muhammad Rizky Pratama; Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim; Yakob Sayuri, Everton Nascimento, Kenzo Nambu.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Kedah Darul Aman (3-5-2): Ifwat Akmal; Akmal Zahir, Rodney Celvin, Ariff Farhan; Mahmoud Almardi, Amirul Hisyam, Fadzul Daniel, Sanrawat Dechmitr, Azammuddin Akil; Wanja Ronald Ngah, Aman Afif.

Pelatih: Aidil Sharin. (suaraya)

Komentar Pembaca