Banjir Bandang Landa Seoul Korea Selatan

2
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Banjir bandang melanda Seoul, Korea Selatan pada Senin (8/8/2022). Dikutip dari Koreaboo, banjir bandang yang terjadi diakibatkan adanya hujan deras yang terus turun dengan curah hujan mencapai lebih dari 100 mm per jam.

Terkait banjir yang terjadi, Pemerintah Korea Selatan berjanji akan menangani situasi dengan baik. “Tidak ada yang lebih berharga dari kehidupan dan keselamatan.

Pemerintah akan menangani situasi hujan deras secara menyeluruh dengan markas besar langkah-langkah keamanan bencana pusat, ” tulis Presiden Yoon Suk-yeol dalam unggahannya di Facebook, dikutip The Washington Post, Senin (8/8/2022).

Ia menambahkan bahwa pemerintah mengupayakan evakuasi warga yang berlokasi di daerah berisiko tinggi. Selain itu, pemerintah menerapkan tindakan darurat bagi mereka yang tak bisa kembali ke rumah karena banjir. Banjir yang terjadi ini mengakibatkan pemadaman listrik di beberapa kota dan penduduk di daerah rendah diminta mengungsi.

Administrasi meteorologi Korea keluarkan peringatan Administrasi Meteorologi Korea telah mengeluarkan peringatan hujan hingga Senin (8/8/2022) malam bahwa beberapa daerah akan mengalami curah hujan 50 hingga 100 mm per jam.

-iklan-

Sebelumnya, peringatan hujan deras di Seoul juga telah dikeluarkan ke ponsel masyarakat, di mana masyarakat diimbau untuk berhati-hati serta menghindari daerah yang rawan banjir serta tanah longsor. “Hari ini pukul 19.40, peringatan hujan lebat dan tanah longsor berlaku untuk Seoul.

Evakuasi jika berada di daerah berbahaya yang sering dilanda banjir. Harap hindari keluar dan tetap aman,” bunyi peringatan darurat dari Kementerian Administrasi Publik dan Keamanan.

Dikutip dari ChanelNewsAsia, saat banjir melanda Seoul, banjir tersebut menenggelamkan kendaraan dan mendorong dilakukannya evakuasi.

Layanan Operasi dan Informasi Seoul juga mengatakan dalaam twit-nya saat pukul 22.00 waktu setempat Jalan Yangjae-Daero banjir yang terjadi mengakibatkan banyak kendaraan macet.

Ramai di media sosial Akibat banjir ini sejumlah foto dan video juga banyak beredar di media sosial. Video yang menyebar menunjukkan jalan-jalan  tergenang air dengan kereta komuter yang menerjang hujan serta adapula air mengalir yang mebanjiri anak tangga dan kereta bawah tanah.

Hujan deras di Seoul setidaknya memiliki intensitas hujan sebesar 90,5 mm saat pukul 20.00 waktu setempat. Bahkan distrik Dongjak di Seoul selatan mencatat curah hujan sebanyak 137 mm per jam.

Curah hujan ini adalah yang terburuk dalam beberapa dekade. Banjir ini juga mengakibatkan penduduk di daerah dataran rendah harus dievakuasi demi keselamatan, selain itu jalur kereta bawah tanah akhirnya terpaksa dihentikan. (kompas)

Komentar Pembaca