Ormas Zyber Nusantara Kolaborasi dengan Polda Sultra Dukung Situasi Kamtibmas yang Kondusif

43

Jalurinfosultra.com, Kendari — Dalam upaya menciptakan atmosfer damai dan tertib di Kota Kendari, terutama pasca pemilihan, organisasi masyarakat (Ormas) Zyber Nusantara telah bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra). Upaya kolaboratif ini diungkapkan dalam sebuah pertemuan di sekretariat Zyber Nusantara yang terletak di Kelurahan Bende (23/4) Kecamatan Kadia, Kota Kendari, sebagai bagian dari pertemuan yang diadakan oleh Subdit IV Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda Sultra.

Ketua Ormas Zyber Nusantara, Arnol alias Nono, mengungkapkan dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi, maka saatnya kita kembali saling merangkul untuk menciptakan iklim yang damai di Kota Kendari. Terlebih lagi kedepan kita menghadi Pemilihan Kepala Daerah, maka kita agar lebih mengedepankan sikap saling menghargai, dengan prinsip perbedaan pilihan itu adalah kekayaan demokrasi.

“Kami akan terus bersinergi dengan Polda Sultra dalam upaya menjaga situasi yang aman dan kondusif, serta menghidari segala bentuk kejahatan yang mungkin dapat merusak tatanan kehidupan bermasyarakat ” ujar Nono.

Organisasi Masyarakat (Ormas) sebagai mitra pemerintah memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di satu wilayah.

Jika dilihat dari perspektif Undang-Undang ormas ini salah satu fungsinya adalah berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban sosial, dan mewujudkan tujuan negara, walaupun tujuan lainnya adalah menyalurkan aspirasi anggotanya untuk kesejahteraan anggota-anggotanya. 

Ditempat terpisah, Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sultra, AKBP Seplhanus Eko. WN, A.Md.Par., S.M., menyatakan bahwa dalam menjalankan peran sebagai sosial kontrol, ormas juga harus mampu menciptakan harmonisasi sesama organisasi, agar tidak terjadi perselisihan di lingkungan masyarakat. Ormas dapat menjadi juru damai dan penjaga keamanan dari kemungkinan konflik-konflik antar kepentingan dalam masyarakat.

pentingnya peran aktif organisasi kemasyarakatan dalam menjaga keamanan menjelang pesta demokrasi. Beliau menyoroti potensi perpecahan yang dapat terjadi akibat perbedaan pilihan dan maraknya berita hoax yang dapat merusak hubungan antarsesama.

“Terlebih lagi beberapa bulan kedepan kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah. Hajatan demokrasi ini terkadang menjauhkan kita dengan keluarga atau tetangga akibat perbedaan pilihan. Oleh karena itu, dibutuhkan peran organisasi kemasyarakatan bersinergi dengan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban,” ungkap AKBP Seplhanus Eko.

Kerjasama antara Ormas Zyber Nusantara dan Polri diharapkan dapat menciptakan iklim yang aman dan damai dalam menyongsong pelaksanaan Pilkada kedepan, serta menghindari konflik yang dapat merugikan masyarakat.

Organisasi Kemasyarakatan memiliki peran penting dalam pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah di Tahun 2024 , oleh karenanya diharapkan pada pengurus Ormas dapat meminimalisir isu yang berpotensi konflik.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk meminimalisir isu-isu provokatif yang berpotensi konflik sosial politik dalam menyongsong Pilkada kedepan,” imbuh perwira berpangkat dua melati dipundaknya ini. (*)

Komentar Pembaca