Patung Pahlawan Nasional Oputa Yi Koo Mulai Dibangun di Kotamara

1
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Patung Pahlawan Nasional Sultan Himayatudin Muhammad Saidi atau biasa juga dikenal dengan nama Oputa Yi Koo hari ini, Kamis (22/9/2022), mulai dibangun di area Kotamara, Kota Baubau. Pembangunan ini ditandai dengan acara groundbreaking yang dipimpin oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

-iklan-

Ali Mazi menjelaskan, pembuatan patung ini telah direncanakan pemerintah provinsi setelah pengukuhan Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional pada 2019. Namun, pembangunan ini baru terlaksana pada September 2022 ini karena pandemi Covid-19.

Peletakan batu ini juga dirangkaikan dengan syukuran atas terpilihnya Oputa Yi Koo sebagai pahlawan nasional. Syukuran ini melibatkan para tokoh adat.

Kata dia, patung Oputa Yi Koo ini nantinya akan menjadi ikon baru di Sultra. Area ini juga akan menjadi ruang kegiatan sosial masyarakat dan menambah ruang publik di Kota Baubau.

“Saya berharap, kehadiran patung ini nantinya dapat meningkatkan semangat generasi bangsa untuk menginternalisasi semangat perjuangan Oputa Yi Koo dalam diri, untuk menjadi pahlawan bagi masyarakat dan daerah Sultra,” tutup Ali Mazi dalam sambutannya. (bds)

Komentar Pembaca