7 Negara yang Punya Hacker Terbaik dan Paling Ditakuti

1
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Ada tujuh negara yang punya hacker terbaik dan paling ditakuti di dunia. Di era canggih yang serba teknologi ini diketahui kejahatan yang berbahaya adalah peretasan data, sebab data yang ada dapat curi dan digunakan semena-mena.

Peretas atau hacker adalah seorang yang memiliki kemampuan hebat dalam bidang komputer dan jaringan yang mampu memecahkan sebuah masalah. Meski tidak jarang dinilai negatif, hacker ini ternyata juga bisa menguntungkan.

Di dunia diketahui terdapat negara yang memiliki hacker terbaik. Lantas, negara mana saja yang punya hacker terbaik dan paling ditakuti? Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ini.

1. Cina

Cina sebagai negara padat penduduk yang kerap disebut Raksasa Asia, berhasil ada di urutan teratas daftar negara dengan hacker terbaik. Bagaimana tidak, negara ini bertanggung jawab atas sekitar 41 persen dari lalu lintas peretasan global.

Pemerintah Cina juga diketahui tertarik untuk memajukan warga negara terutama yang muda di bidang keamanan siber. Tak tanggung-tanggung, ada hibah, penghargaan, dan insentif yang diberikan pemerintah bagi siapa saja yang menunjukkan keunggulan di bidang ini.

2. Amerika Serikat

Negara adikuasa ini bisa dibilang memiliki gudang senjata siber terbaik di dunia. Pasalnya, kecanggihan operasi mereka telah terbukti.

Tak heran, mengingat status pemerintah AS secara ekonomi dan dalam peperangan. Dengan kontribusi hampir 10 persen dalam lalu lintas peretasan, Amerika tampaknya memiliki mayoritas peretas terbaik di dunia.

3. Turki

-iklan-

Tak hanya terkait keindahan setiap tempatnya, Turki juga mampu membuat banyak orang terkesan dengan seberapa jauh Turki telah melakukan kejahatan dunia maya.

Meskipun laju pertumbuhan peretas baru mendapat momentum dalam dekade terakhir, kini Turki diketahui mencapai 4,5 persen dari aktivitas peretasan secara global.

4. Rusia

Negara Beruang Merah ini terkenal dengan negara pemilik hacker terbaik di dunia yang digunakan sebagai gudang senjata. Bagaimana tidak, ini karena tingkat kejahatan dunia maya yang mereka lakukan, bukan jumlahnya. Rusia sendiri tercatat 4,1 persen dari total lalu lintas peretasan di dunia.

5. Brasil

Pada 2021, Brasil tidak hanya diakui sebagai tuan rumah Olimpiade Dunia, namun juga dikenal lantaran aktivitas ekonomi tanpa uang tunai yang dilakukan. Hal itu diketahui membantu perekonomian dan perdagangan.

Sayangnya, di sisi lain, hal ini juga membuat Brasil subur akan peretasan. Umumnya yang perlu dilakukan peretas hanyalah membobol sistem keuangan untuk bisa mengakses dana massal.

6. Rumania

Rumania memiliki tempat yang dikenal sebagai Ramnicu Valcea, sebuah hub untuk hacker. Lokasi ini diketahui terlibat dengan sebagian besar kegiatan yang terkait dengan peretasan dan kejahatan dunia maya.

7. India

India menjadi salah satu negara terpadat di dunia dengan populasi lebih dari 1 miliar penduduk. Negara ini tak hanya terkenal akan identitas tersebut atau bangunan Taj Mahal yang megah, melainkan juga punya hacker yang hebat.

Dengan jumlah peretas yang meningkat pesat, India bisa saja berada di lima besar dalam beberapa tahun ke depan. Kini, negara ini berkontribusi sekitar 2,3 persen dari lalu lintas peretasan.

Demikian daftar 7 negara yang punya hacker terbaik dan paling ditakuti di dunia. Alangkah baiknya menjaga data sebaik mungkin agar tak menjadi korban para hacker. (OKEZONE)

Komentar Pembaca