iPhone 15 dikabarkan Tak Akan Pakai Touch ID di Bawah Layar

2
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Touch ID merupakan salah satu fitur ikonik iPhone yang dihilangkan oleh Apple sejak beberapa generasi yang lalu. Setelah digantikan dengan Face ID, Apple beberapa kali dikabarkan akan menghadirkan kembali Touch ID tapi tidak kunjung menjadi kenyataan.

Kini laporan terbaru dari Bloomberg mengatakan Apple sudah melakukan uji coba untuk membawa Touch ID kembali ke iPhone, tapi tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

Dalam newsletter Power On terbarunya, analis Bloomberg Mark Gurman mengatakan Apple sudah menguji coba Touch ID di bawah layar untuk iPhone. Tidak hanya itu, Apple juga mempertimbangkan menambahkan Touch ID ke tombol power, seperti yang ada di iPad Air dan iPad mini.

Tapi pada akhirnya, meskipun Apple sudah menguji kedua fitur ini, Gurman meyakini Touch ID di iPhone belum akan terealisasi dalam waktu dekat. Artinya iPhone 15 kemungkinan belum akan memiliki Touch ID dan masih mengandalkan Face ID.

-iklan-

“Dalam beberapa tahun terakhir, ada diskusi di internal Apple tentang membawa Touch ID ke iPhone kelas atas,” kata Gurman dalam laporannya, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (5/10/2022).

“Perusahaan (Apple) telah menguji coba Touch ID di dalam layar dan bahkan mempertimbangkan untuk menaruhnya di tombol power. Tapi saat ini, saya meyakini Face ID akan tetap ada dan Touch ID tidak akan kembali ke iPhone flagship — setidaknya tidak dalam waktu dekat,” sambungnya.

Meski tidak hadir di iPhone flagship, Gurman mengindikasikan Apple mungkin akan menggunakan tombol power dengan Touch ID untuk iPhone lower-end, misalnya iPhone SE. Walaupun desain ini sama seperti yang ada di iPad, Gurman mengaku belum mendengar apapun soal kehadirannya.

iPhone SE 2020 dan iPhone SE 2022 saat ini menjadi satu-satunya varian iPhone yang masih mengusung Touch ID fisik karena desainnya yang masih mengikuti iPhone 8.

iPhone flagship yang terakhir menggunakan Touch ID adalah iPhone 8. Sejak meluncurkan iPhone X pada tahun 2017, Apple mempensiunkan Touch ID yang digantikan dengan Face ID. Walaupun ukuran notch di iPhone semakin mengecil berkat Dynamic Touch, Apple sepertinya masih kukuh mempertahankan sensor Face ID.

(vmp/fay)

Sumber : Detik.com

Komentar Pembaca