Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Terpilih Sebagai Pelatih Terbaik Pada Pekan ke 5 BRI Liga 1

4
Dengarkan Versi Suara

Makassar – Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares terpilih sebagai pelatih terbaik pada pekan ke-5 BRI Liga 1 musim 2022/2023, versi Liga Indonesia Baru (LIB). Hasil tersebut diraih setelah mengantarkan PSM Makassar meraih poin penuh atas tamunya Arema FC dengan skor 1-0.

Pada klasemen BRI Liga 1 PSM Makassar saat ini menduduki posisi kedua usai menang tipis atas Singo Edan di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu 20 Agustus 2022. Kemenangan ini melanjutkan status PSM yang tak pernah kalah di Liga 1 musim ini.

Lewat akun Instagram pribadinya, Bernardo Tavares menyampaikan rasa bahagianya setelah terpilih sebagai pelatih terbaik di pekan ke-5 Liga 1. Baginya, torehan tersebut tak lepas dari kerja keras anak asuhnya, serta dukungan penuh para suporter.

“Terima kasih atas pelatih terbaik. Kami adalah tim, dan dengan demikian, kami semua kalah dan kami semua memang. Banyak selamat kepada semua staf klub, kepada pendukung kami yang memenuhi stadion dan mendukung kami dari menit pertama hingga menit akhir,” tulis Bernardo melalui akun Instagram pribadinya, Senin 22 Agustus 2022, dilansir detikSulsel.

Sangat tepat jika sosok pelatih asal Portugal tersebut menjadi best coach untuk pekan kelima. Bukan tanpa alasan, bermain dengan lapis kedua, PSM Makassar mampu meraih hasil maksimal di kandang sendiri saat menjamu Arema FC yang notabene dihuni pemain berkualitas.

-iklan-

Tercatat, Bernardo Tavares melakukan perombakan besar-besaran di skuadnya untuk penyegaran para pemain yang dihadapkan dengan jadwal yang begitu padat setelah tampil di dua kompetisi sekaligus. Yakni di Liga 1 dan AFC Cup 2022.

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini terbilang cekatan dalam meramu timnya. Pasalnya, meski menurunkan pemain muda seperti Dzaky Asraf, Ananda Rehan hingga Victor Jonson, tak lantas membuat permainan Juku Eja kendur. Hasilnya, 3 poin diamankan di kandang sendiri, melalui gol tunggal Yuran Fernandes pada menit 41 melalui titik putih.

Tak hanya itu, Bernardo juga mengatakan selamat kepada pemainnya M Arfan yang masuk best XI Off The Weak pekan kelima Liga 1. Dirinya menegaskan, Arfan cs merupakan pemenang sebenarnya dibalik torehan meyakinkan timnya sejauh ini.

“Terutama kepada pemain kami yang merupakan pemenang nyata perbedaan ini, marfan_appang (M Arfan) adalah salah satu pemain kami yang dinominasikan untuk tim minggu ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Sepak Bola Assegaf Razak turut memuji kualitas Bernardo dalam merombak  skuad PSM. Menurutnya, eks pelatih HIFK Football, tim asal Finlandia ini memiliki segudang taktik.

Keberanian memainkan pemain muda melawan tim besar, dirasa menjadi tolak ukur kehebatan pelatih yang juga pernah menjadi talent scouting Jose Mourinho dan mendampingi beberapa pelatih top Eropa lainnya.

“Inilah hebatnya ini pelatih karena dia memberikan kesempatan pemain muda. Dia tidak ragu meskipun masih dalam kondisi 1-0,” tutur Assegaf, Minggu 21 Agustus 2022. (terkini.id)

Komentar Pembaca