3 Keuntungan Timnas Indonesia Gabung EAFF, Ranking FIFA Meroket

14
Dengarkan Versi Suara

3 Keuntungan Timnas Indonesia jika PSSI bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur atau EAFF (East Asian Footbal Federation). Dari pemain Timnas Indonesia bisa berkarier di level Asia hingga ranking FIFA meroket dan nama PSSI lebih diperhitungkan menjadi kelebihan bergabung dengan EAFF daripada masih bersama AFF.

Derasnya arus desakan kepada PSSI untuk keluar dari AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) setelah Timnas Indonesia U-19 secara menyakitkan tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia U-19 tersingkir setelah Timnas Vietnam U-19 dan Thailand U-19 diduga main mata di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Netizen Indonesia mendesak kepada PSSI untuk mempertimbangkan keluar dari AFF untuk bergabung dengan konfederasi sepak bola Asia lainnya. Nah, EAFF disebut-sebut sangat cocok bagi PSSI. Berikut 3 keuntungan bagi Timnas Indonesia jika PSSI bergabung dengan EAFF.

1. Pemain Bisa Berkarier di Level Asia

Pemain Timnas Indonesia bisa berkarier di level Asia karena berkompetisi di klub liga sepak bola elite Asia. Bermain di Jepang bersama klub kontestan J.League atau K League di Korea Selatan menjadi jaminan karier pemain Timnas Indonesia menjadi lebih baik.

-iklan-

Dengan berkarier di klub Jepang atau Korea Selatan akan menambah jam terbang pemain Timnas Indonesia sekaligus meningkatkan daya jual dalam bursa transfer. Dengan bertambahnya jam terbang akan meningkatkan kualitas teknik dan mental para pemain Timnas Indonesia karena terasah dalam kompetisi yang berkualitas.

2. Ranking FIFA Indonesia Terdongkrak

Ranking FIFA Timnas Indonesia bakal meroket jika bergabung dengan negara kuat di EAFF. Jika Timnas Indonesia bermain melawan Jepang, Korea Selatan atau China akan meningkatkan kualitas permainan tim.

Negara EAFF dihuni Jepang, Korea Selatan, China yang saat ini memiliki ranking FIFA Top 80 dunia. Jepang kini berada di posisi 24 diikuti Korea Selatan (28) dan China (78). Sedangkan bila bermain di AFF hanya bertemu dengan negara Asia Tenggara yang ranking FIFAnya tidak tinggi. Vietnam paling tinggi ranking dunianya 97, Thailand (111), Filipina (134), dan Malaysia (147).

3. PSSI Lebih Diperhitungkan

Jika bergabung dengan EAFF, tidak hanya Timnas Indonesia yang mendapatkan keuntungan. PSSI selaku induk organisasi sepak bola di Tanah Air akan lebih diperhitungkan di EAFF. Selain diuntungkan ranking FIFA bisa meroket, PSSI memiliki daya tawar lebih baik di kancah sepak bola Asia. (aww)

Komentar Pembaca