Sapi Kurban Jokowi Bobot 1 Ton di Sultra Diserahkan ke Pemkab Buton

23
Dengarkan Versi Suara

Kendari – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan sapi kurban yang diketahui berjenis Simental dengan berat 1 ton untuk Sulawesi Tenggara (Sultra). Sapi seharga Rp 110 juta itu akan diserahkan ke Pemkab Buton untuk dibagikan kepada masyarakat setempat saat Idul Adha 1443 Hijriah.
“Sudah ada jenis Simental beratnya itu 1 ton dengan harga Rp 110 juta untuk di Buton,” kata Kabid Peternakan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra LM Jabal, Rabu (29/6/2022).

Jabal mengungkapkan sapi tersebut merupakan hasil seleksi selama satu bulan penuh di seluruh peternakan di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hingga akhirnya terpilihlah sapi jenis Simental tersebut yang merupakan milik peternak asal Kabupaten Konawe, Ade Ariyanto.

“Kita seleksi sejak bulan lalu, terpilihlah 3 ekor sapi yang masuk seleksi, kemudian terpilih sapi Simental milik peternak bernama Ade asal Konawe,” bebernya.

Ia mengungkapkan Ade merupakan pemenang nomor urut 2 sapi presiden tahun lalu. Saat itu, sapi milik Ade diketahui bobotnya belum mencapai 1 ton. Jabal mengungkapkan kriteria sapi presiden yakni terbesar dan terberat bobotnya.

“Sapi Pak Ade tahun lalu urutan kedua, jadi tahun ini sapinya terpilih karena bobot sudah mencapai 1 ton, kalau tahun lalu belum,” ujarnya.

Ia menuturkan sapi tersebut sudah dibayarkan secara tunai oleh pihak Sekretariat Kepresidenan.

“Kemarin dari sekretariat presiden sudah ke sana mengecek langsung dan membayar,” bebernya.

-iklan-

Jabal memastikan sapi tersebut sudah melewati serangkaian pengecekan kesehatan hewan secara ketat oleh Balai Kesehatan Hewan Maros dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sehingga dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Aman dari PMK, sudah dilakukan pengambilan sampel darah dan tes kesehatan secara ketat dari Balai Kesehatan Hewan Maros dan Kementerian,” bebernya.

Rencananya sapi tersebut akan didistribusikan pada Senin (4/7) mendatang. Sapi seberat 1 ton milik Presiden Jokowi tersebut akan diserahkan di Masjid Raya Nurul Yaqin, Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton.

“Rencana tanggal 4 Juli akan dibawa ke Masjid Nurul Yaqin Pasar Wajo. Nanti pemiliknya langsung yang akan membawa dan dikawal dari Dinas Peternakan Sultra,” ungkapnya.

Komentar Pembaca