Harga BBM Naik, Intip Pilihan Mobil Listrik di Indonesia Ada yang Seharga Rp75 Juta

2
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) membuat banyak pemilik kendaraan berpikir beralih ke mobil listrik. Selain berdesain futuristik, kendaraan listrik tak perlu antre dan khawatir BBM naik.

Ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah yang mendorong penggunaan kendaraan listrik. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan mobil listrik di pasar Indonesia.

Beberapa kendaraan listrik sudah dipasarkan secara bebas di Indonesia. Sebagian masih dalam tahap penyempurnaan. Kendati begitu, konsumen yang ingin mendapatkan mobil listrik tersebut sudah dapat memesannya, sehingga menjadi antrean terdepan. Apa saja itu? Berikut deretan mobil listrik yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

1. Wuling Air EV

Mobil Listrik terbaru yang meluncur di Indonesia adalah Wuling Air EV. Mobil ini dijual mulai dari Rp238 jutaan. Desainnya yang kompak, mobil tersebut sangat cocok digunakan di perkotaan. Meski berdesain mungil, Wuling Air EV memiliki kabin yang cukup nyaman dan memiliki daya redam yang sangat baik. Memiliki dua model pilihan Wuling Air EV masing-masing dijual, tipe Standard (daya jangkau 200 km) Rp238 juta dan Long Range (daya jangkau 300 km) Rp295 juta.

2. Hyundai Ioniq

Hyundai menjadi salah satu pabrikan yang paling gencar memperkenalkan produk-produk mobil listrik. Bahkan, kabarnya akan segera masuk ke Indonesia Ioniq 6 yang memiliki desain serta fitur lebih baik, dengan jarak tempuh lebih jauh.

Saat ini, model mobil listrik yang dijual Hyundai adalah Kona dan Ioniq 5. Fitur-fitur yang tersemat pada jajaran mobil listrik keluaran pabrikan Korea Selatan itu tak kalah dengan mobil berbahan bakar minyak (BBM).

Hyundai Ioniq 5 menjadi mobi listrik pertama yang diproduksi di Indonesia dan terlaris dengan penjualan hingga Juli 2022 lebih dari 3.000 unit.

– Hyundai IONIQ Prime Rp682 juta

– Hyundai IONIQ Signature Rp723 juta

– Hyundai Kona Signature Rp742 juta

– Hyundai IONIQ 5 Prime –

Standard Range Rp748 juta

– Hyundai IONIQ 5 Prime

– Long Range Rp789 juta

– Hyundai IONIQ 5 Signature

– Standar Range Rp809 juta

– Hyundai IONIQ 5 Signatur

-iklan-

– Long Range Rp859 juta

3. Nissan Leaf

Nissan Leaf resmi dipasarkan pada 18 Juni 2022 oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Mobil listirk ini dilengkapi dengan baterai 40 kWh dan diklaim dapat menempuh jarak 311 km hanya dalam satu kali pengisian penuh. Mobil ini juga dilengkapi dengan portable charger yang dapat memudahkan pemilik melakukan pengisian di mana saja.

Nissan Leaf juga hadir dengan desain hatchbak yang futuristik dengan kapasitas penumpang lima orang. Fitur unggulan e-Pedal juga membantu pengendara dalam meregenerasi baterai sehingga mobil akan semakin lebih irit. Nissan Leaf dibanderol Rp728 juta

3. BMW i4 dan iX

Bagi pencinta mobil sport, BMW i4 dan iX menjadi pilihan yang tepat untuk beralih dari mobil BBM ke mobil listrik. Bentuknya yang sangat sporty menjadikan mobil listrik ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang berjiwa muda.

Diperkenalkan pada GIIAS 2022 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, 11-21 Agustus lalu, BMW i4 dan iX baru bisa dibeli pada tahun depan. Banyaknya peminat, membuat BMW saat ini membatasi pembelian untuk mencegah menumpuknya antrean.

Untuk harga, BMW i4 eDrive dijual Rp1,997 miliar dan BMW iX eDrive Rp2,267 miliar (off the road).

4. Lexus UX 300e

Toyota memboyong Lexus UX 300e, mobil Compact Luxury Crossove dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) pertama dari Lexus. Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Mobil ini dibanderol Rp1,245 miliar on the road (OTR) Jakarta. Menggunakan baterai jenis Lithium-ion, Lexus UX 300e memiliki motor listrik berkapasitas 54.35 kWh yang dapat menghasilkan 201 horsepower dan torsi 300Nm, jangkauan mengemudi Lexus UX 300e bisa mencapai 300 km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

5. Tesla

Tesla menjadi mobil listrik pertama yang diperkenalkan di Indonesia dengan teknologi sangat canggih. Mobil tesebut bahkan bisa berjalan tanpa kendali pengemudi di dalamnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil listrik, Tesla rencananya akan membangun pabrik di Indonesia demi menekan harga jual.

Saat ini, mobil listrik Tesla Model X menjadi salah satu kendaraan dengan harga tertinggi. Masing-masing Tesla Model 3 Rp1,5 miliar, Tesla Model Y Rp2 miliar dan Tesla Model X Rp4 miliar

6. EVCBU

Mobil listrik keluaran PT Kurnia EVCBU Internasional ini menjadi model yang paling murah di Indonesia. Mobil mungil bernama K-EVCBU Blade K-Upgrade dijual dengan harga Rp75 juta on the road Jakarta.

Namun, mobil listrik ini tidak menggunakan baterai lithium ion seperti kebanyakan mobil listrik lainnya. Berdasarkan laman resmi perusahaan tersebut, mobil ini menggunakan baterai lead acid yang memungkinkannya dijual dengan harga murah.

Baterai K-EVCBU Blade K-Upgrade memiliki kapasitas 26,7 kWh, yang diklaim sanggup menempuh jarak maksimal 336 kilometer. Mobil listrik ini sangat cocok untuk digunakan diperkotaan, tapi pemilik juga harus memperhatikan kesehatan baterai. K-EVCBU Blade K-Upgrade Rp75 juta. (Inews)

Komentar Pembaca