Pj Sekda Pemprov Sultra Sambut Rencana Kerjasama Universitas Rhode Island, Amerika Serikat dan ITK Buton

38
Dengarkan Versi Suara

JAKARTA – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio menyahuti usulan rencana kerjasama yang diajukan oleh Universitas Rhode Island (URI), Amerika Serikat, dengan menemui secara langsung Director, Director, Business, and Business Education Partnerships Asia, URI, Amerika Serikat, Brook Williams Ross bersama rombongan, di Jakarta, kemarin.

Dalam pertemuan tanpa didampingi juru penerjemah bahasa itu, Sekda Pemprov Sultra bersama Director, Director, Business, and Business Education Partnerships Asia URI membahas tentang rencana kerjasama penjernihan air tanah maupun air permukaan, termasuk bagaimana memajukan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton.

“Alhamdulillah, dalam peringatan 50 Tahun kerjasama Indonesia – URI Amerika Serikat, Sultra masuk dalam tujuan kerjasama. Ini merupakan kesempatan langka dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah Provinsi Sultra,” tutur lulusan S3 The Australian National University) Canberra ini dalam rilisnya kepada fajar.co.id, Rabu (15/6).

Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini menuturkan, tekait rencana kerjasama penjernihan air tanah maupun air permukaan, dan Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton tersebut, URI Amerika Serikat memiliki tenaga ahlinya.

-iklan-

“Selain masalah kerjasama penjernihan air tanah maupun permukaan, dalam kesempatan ini juga kami menyerahkan dokumen pengembangan Institut Teknologi Kelautan Buton kepada Mr. Brook, untuk menjadi bahan pertimbangan URI Amerika Serikat dalam membantu memajukan ITK Buton, khususnya terkait penyediaan SDM,” terang mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini.

Mantan Sekretaris Dewan Kehormatan Kode Etik UHO ini menambahkan, sebagai tindak lanjut pertemuan itu, rencananya akan dilakukan penandatangan MoU pada September 2022 antara ITK Buton bersama URI Amerika Serikat.

Sementara itu, Director Director Business and Business Education Partnerships Asia, URI, Amerika Serikat, Brook Williams Ross menerangkan, pihaknya berterimakasih atas respon yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, dalam hal ini melalui Pj Sekda Pemprov Sultra.

“Sebelumnya, kami telah melayangkan surat kepada Pemprov Sultra bahwa saya bersama Professor Thomas Boving yang membidangi Ilmu Lingkungan dan Manajemen dari URI menyampaikan kedatangan kami di Indonesia pada minggu ini, untuk membahas bagaimana Universitas kami dapat mengambil peran, dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara melalui program pendidikan dan penelitian,”ucapnya.

Dia melanjutkan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan sebelumnya dengan Kepala Bappeda Sultra, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, dan Kepala Dinas Cipta Karya Sultra di URI Amerika Serikat, sekaligus wujud perayaan 50 tahun Kerjasama URI dengan Indonesia.

“Universitas Rhode Island telah memiliki MoU dengan Pemerintah Provinsi Sultra yang ditandatangani oleh Gubernur Ali Mazi pada bulan Oktober 2019 di Rhode Island, USA. Pertemuan ini merupakan bentuk respon terhadap surat kami,”pungkasnya.(IMR/FNN/fajar).

Komentar Pembaca