5 Senjata Legendaris Mematikan Milik Kopassus Indonesia

3
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM – 5 senjata legendaris milik Kopassus menarik untuk diulas. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat merupakan satuan pasukan yang disegani, bahkan di dunia. Seluruh anggota korps baret merah ini dilatih untuk menguasai segala medan tempur.

Sebagai pasukan yang salah satu tugasnya menjalani operasi perang militer (OMP), Kopassus tentu membutuhkan alat yang memadai, salah satunya senjata api.

Sejak awal pembentukannya hingga saat ini, Kopassus memiliki senjata-senjata andalan yang digunakan untuk melancarkan operasinya. Berikut deretan senjata-senjata yang dijadikan andalan oleh Kopassus.

Adapun, Kopassus memiliki senjata untuk berperang dan masih digunakan walaupun sudah lama.

Berikut 5 senjata legendaris milik Kopassus yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bren

Bren merupakan jenis senapan mesin ringan (SMR) buatan Inggris. Senjata ini menjadi salah satu senjata yang diandalkan oleh Kopassus di awal masa pembentukannya pada 1953 untuk mendukung operasi Kopassus.Senjata yang dibawa Inggris beberapa waktu setelah Inggris yang tergabung dalam pasukan sekutu datang ke Indonesia pasca kekalahan Jepang. Bren digunakan oleh Kopassus hingga tahun 1991.

2. MP-2

MP-2 atau IMI Uzi termasuk senjata mesin ringan yang bentuknya menyerupai pistol. Senjata yang dikembangkan pada 1949 ini mampu menjamin kestabilan penembak dan senjata itu sendiri ketika peluru ditembakkan, walaupun ditembakkan menggunakan salvo panjang. MP-2 mampu menembak peluru sebanyak 60 butir per menit, bahkan bisa mencapai 100 hingga 120 peluru per menit ketika tembakkan dilakukan secara beruntun.

Senjata ini pernah digunakan oleh Kopassus dalam misi pembebasan sandera di Woyla, Thailand pada tahun 1981 karena keefektifannya dalam menembak.

3. MP5

-iklan-

Senjata ini menjadi salah satu senjata andalan Kopassus dalam pertempuran jarak dekat. Senapan produksi Jerman yang telah diproduksi sejak 1960 ini telah memiliki sejumlah varian yang dipakai oleh sejumlah negara, termasuk Indonesia.

MP5 atau Heckler & Koch Maschinenpistole ini memiliki akurasi dan keandalan yang tinggi serta dapat dioperasikan dan dirawat dengan mudah. Tidak heran senjata ini menjadi andalan tidak hanya di Indonesia tapi juga lebih dari 50 negara di dunia.

Senapan mesin yang berbentuk pistol ini memang didesain untuk kepentingan pasukan khusus dengan kemampuan menembak 800 peluru per menit.

4. Avtomat Kalashnikova 1947 (AK-47)

Senapan serbu yang dirancang oleh Mikhail Kalashnikov, diproduksi oleh pembuat senjata Rusia IZhMASh, dan digunakan oleh banyak negara Blok Timur semasa Perang Dingin. Senapan ini diadopsi dan dijadikan senapan standar Uni Soviet pada tahun 1947.Jika dibandingkan dengan senapan yang digunakan semasa Perang Dunia II, AK-47 mempunyai ukuran lebih kecil, dengan jangkauan yang lebih pendek, memakai peluru dengan kaliber 7,62 x 39 mm yang lebih kecil, dan memiliki pilihan tembakan (selective-fire). AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama dan hingga kini merupakan senapan serbu yang paling banyak diproduksi.

AK-47 dengan kepanjangan Avtomat Kalashnikova 1947 merupakan salah satu senjata andalan Kopassus dalam beberapa operasi, seperti Trikora, Dwikora, dan penumpasan G30S. Pada 1960-an, senjata ini dialirkan ke Indonesia oleh negara produsennya, Uni Soviet, yang pada saat itu hanya dapat digunakan oleh pasukan elite, salah satunya adalah Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).

Beberapa keunggulan dari senapan ini antara lain pengunaannya dan perawatannya mudah, bahkan sekalipun senapan tersebut jatuh ke lumpur, senjata tersebut tidak pernah macet.

5. SS-2 V5

SS-2 atau Senapan Serbu 2 yang merupakan senjata buatan dalam negeri juga menjadi salah satu senjata andalan TNI sejak 2005 lalu. Varian SS-2 V5 sendiri baru diproduksi pada tahun 2012 dan secara khusus diproduksi untuk kebutuhan Kopassus.

Varian yang dibuat khusus untuk Kopassus ini didesain agar lebih nyaman untuk dipakai, di antaranya dengan ukuran yang lebih ringan dan pendek serta lebih praktis dalam penggunaannya karena dilengkapi dengan ball stoper.

Senjata ini juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap kelembaban dan akurasi yang tinggi. Jangkauan tembak SS-2 V5 dapat mencapai 400 – 500 meter.

(rhs)

Sumber : Okezone.com

Komentar Pembaca