Peringati Maulid, Murid SDN 3 Watoputi Diajak Meneladani Rasulullah

91
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM, RAHA – Memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, SD Negeri 3 Watoputi menggelar maulid, Jumat (7/10). Kegiatan tersebut berlangsung hikmad, diikuti oleh ratusan murid, kepala sekolah, dan para dewan guru. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan lantunan nasyid, kreatifitas para murid.

Justona, S. Pd, M. Pd, pembawa hikmah maulid sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh sekolah yang berusia lebih dari setengah abad tersebut. Ia mengajak murid SDN 3 Watoputi untuk meneladani sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah Saw sebagai suri teladan terbaik umat Islam.

-iklan-

Justona mengatakan, ada tiga sifat nabi yang perlu diteladani, yakni jujur (sidiq), dapat dipercaya (amanah) dan cerdas (fathana). “Kita berharap, murid bisa meneladani sebahagian dari sifat nabi Muhammad Saw untuk diamalkan dalam kehidupan di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Selain tiga sifat tersebut, Justona juga menekankan kepada para murid agar menanamkan jiwa kasih sayang dan cinta kasih terhadap sesama, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Saw. “Rasulullah berperilaku penuh kasih sayang, walaupun kepada musuhnya, “kata Justona.

Keteladanan ini kata dia akan menjadi kontrol bagi setiap anak untuk melakukan hal-hal positif dalam kehidupannya sehingga terhindar dari segala persoalan negatif, seperti bulying terhadap teman yang dapat berakibat fatal. “Sekarang banyak kejadian tawuran dan bulying, bahkan ada yang menimbulkan korban jiwa. Jadi hal-hal seperti itu kita bisa cegah sejak dini dengan menanamkan kecintaan kita terhadap Rasulullah Saw dan meneladani sifat-sifat nabi Muhammad Saw,” ucapnya.

Sementara itu Kepala SDN 3 Watoputi, La Saida, S.Pd mengatakan, penyelenggaraan maulid ini bukan hanya sekedar acara seremonial, tapi momentum bagi sekolah untuk lebih mengenal kepribadian dan mencintai Rasulullah, serta menjadikan Rasulullah sebagai suri teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan, kegiatan peringatan hari-hari besar keagamaan, masuk dalam kurikulum sekolah SDN 3 Watoputi sebagai salah satu kegiatan ekstra kokurikuler yang dilaksanakan oleh pihak sekolah untuk menumbuh kembangkan kehidupan beragama di sekolah. “Setiap Jumat kita menyelenggarakan yasinan dan olahraga senam bersama di sekolah. Jadi kegiatannya selang seling setiap Jumat, ” katanya. (sra)

Komentar Pembaca