Nasional Demokrat Resmi Deklarasikan Anies Baswedan Jadi Calon Presiden 2024

2
Dengarkan Versi Suara
“Tiga nama yang kita usulkan dalam Rakernas lalu akan dipilih menjadi satu. Nama ini mungkin tidak sempurna tapi dalam sistem demokrasi yang kita miliki, keputusan ini untuk persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakannya suku, agama, dan ras untuk memimpin negeri ini,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

JALURINFOSULTRA.COMGUBERNUR Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., menyaksikan dari layar zoom meeting ketika nama Anies Rasyid Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) resmi dideklarasikan Partai NasDem sebagai Calon Presiden (Capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden 2024, di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Dr. Drs. Surya Dharma Paloh. “Pilihan Calom Presiden Partai NasDem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Partai NasDem memberikan seorang sosok Anies Baswedan.”

Paloh turut mengungkapkan alasannya memilih Anies Baswedan sebagai Calon Presiden  2024. “Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya: Why not the best?” kata Surya Paloh. Dalam deklarasi ini, sejumlah elite Partai NasDem tampak hadir langsung. Mereka di antaranya Prananda Surya Paloh, Rachmat Gobel, Syahrul Yasin Limpo, dan Ahmad Sahroni.

Anies Baswedan menghadiri langsung pengumuman deklarasi Calon Presiden 2024 tersebut. Anies Baswedan tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam. Anies Baswedan tersenyum dan melambaikan tangannya saat menyapa awak media. Kemudian, Anies Baswedan masuk bersama Surya Paloh ke dalam aula tempat deklarasi Calon Presiden 2024.

Anies Baswedan dan Surya Paloh pun duduk bersebelahan. Anies Baswedan ikut dalam rangkaian pengumuman deklarasi Calon Presiden untuk Pemilihan Presiden 2024. Mereka menyanyikan lagu “Indonesia Raya” hingga “Himne NasDem“.

Sebelumnya, Partai NasDem menyatakan mendukung tiga nama bakal calon presiden berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional Partai NasDem pada bulan Juni lalu. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Nama Anies Baswedan

Nama Anies Baswedan sebagai Calon Presiden Partai NasDem 2024 telah diumumkan oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Hal tersebut disampaikan Surya Paloh saat melaksanakan Deklarasi Calon Presiden RI Partai Nasdem untuk Pilpres 2024. Surya Paloh awalnya meminta para peserta yang hadir untuk bangkit berdiri dan mengheningkan cipta untuk mendoakan korban Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022 malam lalu.

-iklan-

Dalam kesempatan tersebut Surya Paloh menyebutkan dirinya sudah melakukan berbagai pertimbangan yang matang dan telah meminta saran dari berbagai pihak untuk menentukan Calon Presiden di Pemilihan Presiden 2024.

“Dari tiga nama yang kita usulkan dalam Rakernas lalu akan dipilih menjadi satu. Nama ini mungkin tidak sempurna tapi dalam sistem demokrasi yang kita miliki, keputusan ini untuk persatuan dan kesatuan bangsa tanpa membedakannya suku, agama, dan ras untuk memimpin negeri ini,” ujar Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Surya Paloh mengaku tetap menjaring nama-nama anak bangsa yang memiliki niat baik untuk kepentingan bangsa dan negara meskipun dari partai politik lain.

“Yang dipilih Partai NasDem adalah yang terbaik dari yang terbaik dan untuk itulah saya memilih Anies Baswedan. Untuk merubah karakter bangsa dan membawa perbaikan bagi Indonesia,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Respons Jokowi

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengungkap respons Presiden Joko Widodo terkait keputusan partainya mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai Calon Presiden 2024.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo menghargai langkah Partai NasDem dalam menghadapi Pemilu 2024 tersebut. “Ketika ditanya, apakah saya sudah membicarakan, apa tanggapan beliau pencalonan Bung Anies. Ya beliau ucapkan baik, bagus, saya menghargai itu. Jadi saya pikir itu lebih dari cukup,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, berkata hubungan dengan Presiden Joko Widodo berjalan dengan baik. Ia mengklaim sebagai sosok yang paling dekat dengan Presiden Joko Widodo.

“Hubungan dengan Presiden Joko Widodo mantap lah. Ini pertanyaannya sudah terjawab sendiri. Terlalu berlebihan kalau saya klaim, mungkin saya yang paling dekat dengan Presiden Joko Widodo. Komunikasi personal, baguslah,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menegaskan komunikasi dengan Presiden Joko Widodo berjalan secara intens. Pertemuan terakhir dirinya dengan Presiden Joko Widodo terjadi sekitar 10 hari silam.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengaku akan bertemu kembali dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. “Jadi memang waktu singkat saya juga akan bertemu kembali, karena memang komunikasi yang terjalin selama hampir tujuh tahun lebih, 8,5 tahun itu berjalannya intens hampir rutin pertemuan saya.”

NasDem resmi mendeklarasikan Anies sebagai Calon Presiden di Pemilu 2024. Deklarasi diumumkan secara langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Kantor DPP NasDem.

“Inilah kenapa akhirnya Partai NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. [SGJ10]

Komentar Pembaca