Wagub Lukman Abunawas Tutup Secara Resmi MTQ ke-XXIX Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara

14
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX (29) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan tema “MTQ Nusantara, Merdeka Bertoleransi, Bersahabat, Bermartabat, Menyongsong 77 Tahun Indonesia Merdeka” yang berlangsung di Hotel Azizah Kendari, Masjid Raya Al Kautsar, BPMP Sultra,dan aula Kanwil agama Sultra sejak  11-14 Agustus 2022 telah di tutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas, sekaligus Ketua Umum Lembaga Pengembangan Musabaqah Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sulawesi Tenggara di Hotel Claro Kendari, Senin 15 Agustus 2022.

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX (29) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berjalan dengan lancar dari awal hingga malam penutupan.

Hadir pada penutupan MTQ diantaranya perwakilan Ketua DPRD Prov. Sultra, Unsur Forkopimda Prov. Sultra, pimpinan lembaga vertikal baik sipil maupun TNI/Polri, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov Sultra, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Sultra Zainal Mustamin, serta Kepala Biro Kesra Yusmin, selaku ketua panitia penyelenggara MTQ ke-29.

Turut hadir para Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/ Wakil Kota se-Sultra, Ketua LPTQ Kab/ Kota se-Sultra, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se-Sultra, para Pimpinan Kafilah Kab/Kota se-Sultra, para pengawas Dewan Hakim, Ketua Dewan Hakim dan anggota Panitera serta panitia penyelenggara MTQ Prov. Sultra.

Kepala Biro Kesra Yusmin

Laporan panitia, Kepala Biro Kesra Yusmin, mengatakan bahwa kegiatan MTQ diikuti oleh 621 peserta dengan 8 cabang dan 46 kategori. Kata dia, Dewan hakim telah menyeleksi dan menentukan peserta yang terbaik, yang nantinya akan mewakili Sulawesi Tenggara MTQ tingkat nasional yang akan digelar di Kota Banjarmasin, di Provinsi Kalimatan Selatan (Kalsel) tahun ini.

Ia menambahkan, Ini merupakan program Gubernur dan Wakil Gubernur yakni ‘SULTRA BERIMAN’. Bagi peserta yang mendapatkan juara untuk mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara harus diberikan Award yang baik. Tahun ini para juara akan mendapatkan hadiah yang cukup besar dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Adapun hadiah yang akan diperoleh yaitu berupa uang. Peserta juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, Juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar Rp17,5 juta, dan untuk  juara 3 mendapatkan uang tunai sebesar Rp15 juta. Selain itu, Kabupaten yang mendapatkan juara umum,akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp50 juta.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sultra, Zainal Mustamin, dalam sambutannya menyatakan bahwa melalui penyelenggaraan MTQ kali ini sangat special, tidak saja karena penyelenggaraan MTQ ini berhasil mengintegrasikan momentum MTQ dengan etno religi karnaval yaitu karnaval budaya dan kegamaan, sebagai lambang kerukunan, persatuan, dan persaudaraan masyarakat Sultra yang telah terpelihara dengan baik selama ini.

Kata dia, MTQ kali ini menjadi sangat luar biasa dengan hadiah yang luar biasa yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sultra. Kegiatan etno religi karnaval ini bisa menjadi brending untuk ivent-ivent MTQ selanjutnya atau ivent-invent di luar MTQ yang relevan, yang terus memelihara kerukunan, keberagamaan, toleransi dan saling menghargai.

“Momentum MTQ ini telah dilaksanakan kurang lebih satu minggu dan menghasilkan para juara. Perlombaan di MTQ itu sejatinya bukanlah mencari pemenang dan siapa yang kalah tetapi sejatinya adalah dalam kerangka fastabikul khairat berlomba-lomba didalam kebaikan, Maka sejatinya penyelenggaraan MTQ ini harus semakin memperkokoh persahabatan, bersama kita bisa bersatu kita kuat bersaudara kita rukun,” ucapnya.

-iklan-

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara mengapresiasi pemerintah Sulawesi Tenggara karena telah berhasil menjadi tuan rumah pada acara MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu, Wakil Gubernur dalam sambutannya menyerukan kepada para Bupati/Wali Kota ditahun mendatang yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Muassabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, lebih awal harus mempersiapkan bilamana diberikan tanggung jawab.

“Ditahun mendatang yang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, seharusnya sudah siap lebih awal, bila mana diberi tanggung jawab sebagai tuan rumah maka mari kita siapkan dari kita tuan rumah barakhlakul karimah,” ujar Ketua DPW PDIP Sultra itu.(red)

Berikut peringkat 10 besar pada Mussabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) pada tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara XXIX tahun 2022:

Juara I             : Kota Kendari

Juara II            : Kabupaten Kolaka

Juara III           : Kabupaten Konawe Utara

Juara IV           : Kabupaten Muna Juara IV,

Juara V            : Kabupaten Konawe Kepulauan

Juara VI           : Kabupaten Kolaka Utara

Juara VII          : Kabupaten Buton Tengah

Juara VIII         : Kabupaten Konawe

Juara IX           : Kota Baubau

Juara X            : Kabupaten Bombana

Komentar Pembaca