PAN Lirik Erick Thohir hingga Anies Baswedan Jadi Capres 2024

7
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM, Jakarta – PDIP mengungkapkan ada empat kadernya yang dianggap layak berlaga di Pilpres 2024. PAN pun mengaku setuju dengan pernyataan PDIP itu, namun dia menilai tak hanya PDIP yang memiliki capres potensial.

“Saya setuju dengan Mas Hasto. Banyak pemimpin potensial di PDIP yang layak diajukan sebagai capres atau cawapres. Parpol lain, termasuk di parpol KIB, juga punya pemimpin yang layak,” kata Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

Diketahui, ada 4 kader PDIP yang disebut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto layak ‘nyapres’. Mereka adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mensos Tri Rismaharini, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

Dradjad melanjutkan, PDIP masih punya tokoh potensial lainnya di samping 4 nama itu. Dradjad menyebut nama Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung dan Hasto sendiri.

“Bahkan di PDIP masih ada tokoh lain yang bisa saja menjadi kuda hitam, yaitu Menseskab, Mas Pram, dan Mas Hasto sendiri,” kata dia.

PAN Lirik Erick Thohir-Anies-RK
Dradjad lalu menyebutkan nama-nama yang santer bakal diusung parpol KIB di 2024 nanti. Mereka adalah trio ketum parpol KIB, yakni Ketum Golkar sekaligus Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketum PPP sekaligus Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Ketum PAN sekaligus Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

-iklan-

“Di KIB kami punya Mas Airlangga, Bang Zul dan Bang Suharso,” ujar Dradjad.

Tak hanya kalangan internal, Dradjad menuturkan pihaknya melirik figur eksternal parpol yang diperhitungkan maju capres 2024. Antara lain, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Di luar parpol, ada tokoh-tokoh yang juga layak seperti Mas Erick Thohir, Mas Anies, Kang Emil dan sebagainya,” imbuhnya.

Menurut Dradjad, banyaknya nama figur yang dianggap sudah layak berlaga di pemilihan pemimpin nasional akan bagus bagi demokrasi di Indonesia.

Hemat saya munculnya banyak nama tersebut akan sangat bagus bagi demokrasi di Indonesia. Masyarakat jadi bisa memonitor ucapan dan tindakan tokoh-tokoh tersebut. Di sisi lain parpol juga bisa melakukan uji elektabilitas,” ujarnya.

Sebelumnya, PDIP mulai menggaungkan nama-nama kader terbaik yang dianggap berpotensi besar maju capres di 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada 4 nama yang dianggap layak berlaga di Pilpres 2024, termasuk Ganjar.

“Jadi kalau kita lihat di PDI Perjuangan ini kan banyak tokoh-tokoh yang berkaliber di tingkat nasional, ya. Tadi disebutkan misalnya Mbak Puan sebagai Ketua DPR RI, kemudian ada Bu Risma, ada kemudian Pak Ganjar, ada Pak Anas. Bahkan Pak Anas ini sebagai kepala LKPP membuat banyak terobosan yang membanggakan PDI perjuangan dalam kepemimpinan Pak Anas, misalnya,” kata Hasto kepada wartawan, Minggu (7/8).

(zap/gbr/detik)

Komentar Pembaca