Misteri Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan, Peradaban Super Modern yang Dihuni Bangsa Jin Rupawan

2
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM Pernahkah Anda mendengar atau membaca kisah tentang misteri kota gaib Saranjana di Kalimantan?

Bagi Anda yang tinggal di seputaran Kalimantan Selatan tentu tak asing lagi dengan cerita misteri tentang kota gaib Saranjana.

Menurut cerita yang beredar, kota gaib Saranjana ini terletak di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Sudah banyak sekali kisah, kesaksian, misteri penampakan, atau kejadian misterius yang pernah dialami oleh masyarakat terkait dengan kota gaib Saranjana.

Bahkan artis-artis ibukota sekelas Ari Lasso, Tantri Kotak, dan Grup Ada Band pun pernah merasakan kejadian misterius saat konser di sekitar Kota Baru Kalimantan Selatan itu yang konon merupakan wilayah dari Kota Gaib Saranjana.

Pulau yang dipercaya sebagai lokasi kota gaib Saranjana sebenarnya adalah sebuah bukit indah yang ditumbuhi pepohonan dan langsung bersebelahan dengan laut.

Sejak dulu kota Saranjana oleh masyarakat setempat diyakini sebagai kota misterius yang dihuni oleh makhluk gaib atau jin.

Kota Saranjana dipercaya memiliki Peradaban yang sangat modern, dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit, mobil-mobil mewah yang berlalu lalang dan sibuk seperti kebanyakan kotakota metropolitan dunia.

Selain itu, menurut kesaksian kota Saranjana rumah-rumah megah dengan pagar yang mengkilap, dan penduduknya dipercaya sangat harum dan rupawan. Namun hanya orang-orang terpilih yang dapat melihatnya.

Menurut kabar yang dihimpun, penduduk setempat penduduk kota Saranjana ini disebut dengan ‘Orang Halimun’.

Dipercaya bahwa Orang Halimun ini adalah bangsa jin, yang terlihat seperti manusia tapi tidak memiliki filtrum bibir, yaitu lekukan antara hidung dan bibir.

-iklan-

Selain itu juga dipercaya ada jika Anda masuk ke kota Saranjana sehari, sama dengan 7 hari di alam kita. Jadi saat kembali ke alam manusia, sama dengan Anda telah hilang selama 7 hari.

Selain itu menurut masyarakat setempat jika Anda bisa berkesempatan masuk ke kota Saranjana, jangan pernah mencoba memakan makanan mereka.

Karena jika Anda sempat memakan makanan yang ada disana, maka Anda akan terperangkap di kota tersebut selamanya.

Adapun yang membuat kota Saranjana lebih misterius lagi bahwa kota ini memang tidak ada dalam peta Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Namun pada 1845, seorang naturalis asal Jerman, Salomon Muller, pernah membuat peta yang berjudul “Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo” yaitu peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo.

Dalam peta ini digambarkan sebuah wilayah bernama Tandjong (hoek) Saranjana.

Ada banyak kejadian aneh yang dialami masyarakat disana, mulai dari pesanan mobil-mobil mewah dari Surabaya namun tak diketahui siapa pemesannya.

Hingga kejadian menggemparkan pemerintah setempat, ketika tahun 1980 kedatangan sejumlah alat-alat berat dari Jakarta, yang dipesan oleh seseorang dari Kota Saranjana, dan anehnya lagi semua telah dibayar lunas.

Ada lagi kisah tentang kapal ferry yang penumpangnya tadinya ramai, mendadak sepi saat kapal baru akan bersandar ke Pelabuhan Licin.

Pengalaman misterius dari berbagai kalangan tersebut semakin menambah penasaran masyarakat terhadap keberadaan kota gaib Saranjana.

Dilansir dari kanal Youtube Gusti Gina, berikut tim Pikiranrakyat-Depok.com pilihkan salah satu pengalaman netizen tentang kota gaib Saranjana.

Seorang netizen mengunduh foto misterius, dimana dirinya sedang selfie namun ternyata di dalam fotonya samar-samar terlihat ada penampakan gedung tinggi pencakar langit di belakang.

Dari foto tersebut netizen tersebut memberikan keterangan bahwa foto itu tidak diedit sama sekali, alias benar-benar real.

Nah, itulah sekelumit kisah mengenai kota gaib Saranjana, bagaimana menurut pendapat Anda?. (pikiranrakyat)

Komentar Pembaca