Gaet Pembeli Milenial, Dekranasda Baubau Modifikasi Kerajinan Kuningan

2

BAUBAU – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Baubau memodifikasi bentuk kerajinan kuningan untuk memperluas penjualan dan menggaet pembeli dari kalangan anak muda.

Ketua Dekranasda Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse mengatakan, untuk mempromosikan kerajinan di Kota Baubau, pihaknya kerap berinovasi. Salah satunya adalah inovasi pembuatan kerajinan kuningan yang lebih kekinian.

Kata dia, kerajinan kuningan di Kota Baubau memiliki kualitas yang baik. Salah satu contohnya adalah talang yang biasanya digunakan pada acara kebudayaan, seperti kande-kandea, keagamaan, dan kematian. Karena ukurannya yang besar, pasar kerajinan kuningan terbatas pada kegiatan tertentu saja.

“Oleh karena itu, kita berinovasi untuk membuat bentuk yang kekinian, agar bisa menarik kaum milenial. Dari kuningan, kita buat bros dan gantungan kunci,” beber istri orang nomor satu di Kota Baubau itu, pekan lalu.

Untuk diketahui, bros kuningan ini bisa berbentuk ikon-ikon yang ada di kota Baubau, seperti motif benteng keraton, naga, malige, dan nanas. (bds)

Komentar Pembaca