Waspadai Gelombang Air Laut Setinggi Empat Meter di Perairan Sultra

20
Dengarkan Versi Suara

JALURINFOSULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang bakal terjadi di sekitar perairan di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan peringatan tersebut berlaku sejak 17 hingga 20 Juli 2022 pukul 20.00 WITA. “Hal itu disebabkan oleh pola angin umumnya dari Timur ke selatan dengan kecepatan dua sampai 25 Knot,”ucap Faizal Habibie, Senin (18/7).

-iklan-

Ia mengungkapkan kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Banggai bagian selatan, Manui Kendari bagian timur, Baubau bagian Utara, perairan Utara dan Selatan Wakatobi bagian timur, serta Laut Banda timur Sultra.

Adapun gelombang tinggi tersebut, lanjutnya, dibagi menjadi dua ketinggian, yakni ketinggian 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan teluk Tolo, Manui Kendari bagian Barat, Baubau bagian Selatan dan Perairan Wakatobi bagian Barat.

Sedangkan ketinggian 2,5 – 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan Manui Rbagian Timur, Baubau Bagian Utara, perairan Utara Wakatobi, perairan selatan Wakatobi bagian Timur dan laut Banda Timur Sultra.

Atas peringatan dini itu, Faizal mengimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktivitas di sekitar perairan yang dimaksud agar selalu waspada. “Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkasnya. (mcr6/jpnn)

Komentar Pembaca