Gubernur Ali Mazi Resmi Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu 2024

9

GUBERNUR Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., berkenan hadir dan menyampaikan sambutan dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah yang dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Pemilu dan Pemilihan 2024 di Lingkungan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, di Hotel Claro, Kendari 5 Juli 2022.

Hadir pada acara tersebut antara lain; Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Parsadaan Harahap, Ketua KPU Prov. Sultra La Ode Abdul Natsir, Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Uddu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sultra Silvester Sili Laba, Sekretaris KPU Prov Sultra Syafruddin, dan Komandan Pangkalan TNI AU HLO Kolonel (Pnb.) Andy F. Piccaulima. Juga hadir wakil Kapolda, Korem, dan DanLanal, dan Anggota KPU Kabupaten Kota.

“Mengawali sambutan ini, saya atas nama Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sulawesi Tenggara, menyampaikan Selamat Datang di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara kepada Anggota KPU Republik Indonesia (Koordintor Wilayah Sulawesi Tenggara) Parsadaan Harahap, disertai harapan semoga kehadiran bapak bersama rombongan di daerah ini dapat menguatkan soliditas dan sinergitas antara pemerintah daerah dengan penyelenggara pemilu dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” kata Gubernur Ali Mazi.

Seperti diketahui, bahwa Pemilu 2019 menunjukkan aspek yang sangat kompleks. Bukan saja karena melibatkan pemilih yang besar, penyelenggara Pemilu yang banyak, serta wilayah yang luas secara serentak, tetapi juga menghadirkan peserta Pemilu yang berbeda sesuai jenis pemilihan sehingga menuntut penyelenggara Pemilu melakukan manajemen Tata Kelola Penyelenggaraan Pemilu yang baik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, agar Pemilu sebagai sesuatu yang dapat diprediksi prosesnya, namun tidak dapat diperkirakan hasilnya bisa terwujud dan memiliki akuntabilitas proses maupun legitimasi hasil.

Berdasarkan data yang ada, pelaksanaan Pemilu tahun 2019 telah menunjukkan perbaikan kualitas penyelenggaraan yang semakin baik. Ini terlihat dari angka partisipasi Pemilu yang semakin meningkat. Bila pada Pemilu 2014 warga Sulawesi Tenggara yang menyalurkan hak suaranya sebesar 62 persen, Alhamdulillah pada Pemilu 2019 naik menjadi 79,33 persen atau di atas target nasional sebesar 77,50 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa kesadaraan masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya semakin baik, profesionalitas dan integritas penyelenggara Pemilu yang kian mantap, serta tentu saja semakin kuatnya sinergitas Pemerintah Daerah, TNI/Polri serta seluruh pemangku kepentingan yang ada.

Suksesnya Pemilu 2019 di daerah Sulawesi Tengara harus terus dilanjutkan pada penyelenggaraan Pemilu 2024. Sehingga kami menaruh harapan besar kepada KPU RI untuk tiada henti memberikan perhatian dan arahan kepada Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara agar terus menjaga profesionalitas dan integritas dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Saya selaku pimpinan daerah menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya rapat koordinasi ini, karena kegiatan ini sebagai wujud upaya bersama kita untuk mendukung dan menyukseskan Pemilu Luber dan Jurdil Tahun 2024 mendantang. Menurut hemat saya, keutamaan dalam rakor ini adalah bagaimana menyamakan persepsi dan langkah-langkah strategis dalam persiapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di wilayah Sulawesi Tenggara agat dapat berlangsung Tertib, Aman, Damai dan Demokratis,” kata Gubernur Ali Mazi lagi.

Gubernur Ali Mazi memandang penyelenggaraan Rapat Kordinasi Daerah dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara ini paling tidak memiliki 5 (lima) makna strategis, yaitu :

Pertama, Rapat Koordinasi ini merupakan momentum bagi KPU Provinsi dan KPU  Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara untuk semakin mengukuhkan semangat kolektif-kolegial seluruh jajaran penyelenggara Pemilu;

Kedua, Rapat Koordinasi ini mengandung pesan yang kuat dari KPU di Provinsi Sulawesi Tenggara bahwa jajaran KPU di Sultra siap melaksanakan tugas menyelenggarakan Pemilu dan pemilihan di tahun 2024;

Ketiga, pelaksanaan Rapat Koordinasi yang dihadiri jajaran KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara, yang turut menghadirkan pemangku kepentingan strategis mencerminkan bahwa sinergitas setiap unsur di Sulawesi Tenggara semakin baik;

Keempat, pelaksanaan Rapat Koordinasi daerah ini yang dirangkaikan dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menunjukkan komitmen KPUD Sultra sebagai institusi yang wajib menjamin akuntabilitas pelayanan publik sesuai standar yang berlaku di instansi pemerintah;

Kelima, melalui Rapat Koordinasi daerah ini saya berharap dapat melahirkan road map  yang menjadi acuan dalam penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya selaku gubernur (wakil pemerintah pusat) di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara menyatakan “Siap Mendukung” Kelancaran Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Penyelenggara Pemilu di daerah ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Dan sebagai pembina pemeritah daerah,  melalui kesempatan ini, saya tegaskan kepada Bupati/Walikota di Sulawesi Tenggara agar memberikan dukungan penuh kepada KPU di wilayah, masing-masing demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Gubernur Ali Mazi. [SGJ10]

Komentar Pembaca