7 Perubahan Fungsi Organ Tubuh yang Menandakan Ajal Makin Dekat

10
Dengarkan Versi Suara

Jika seseorang yang dicintai sudah berusia lanjut atau mengidap penyakit mematikan, mengetahui kematian mungkin bukan hal yang mengenakkan. Namun terkadang, memahami apa yang diharapkan membuatnya menjadi sedikit lebih mudah.
Faktanya, tidak seorang pun dapat memastikan kapan ajal akan tiba. Maut bisa datang tanpa ada pertanda, bahkan pada seseorang yang tampak sehat bugar.

Meski demikian, beberapa perubahan mungkin teramati pada kondisi tertentu yang mematikan.

Dikutip dari Medical News Today, terdapat beberapa tanda seseorang menuju kematian, seperti:

1. Nafsu makan menurun
Saat seseorang mendekati kematian akan membuat mereka menjadi kurang aktif. Hal itu berarti mereka membutuhkan energi yang lebih sedikit.

Mereka biasanya akan berangsur-angsur berkurang nafsu makannya, karena kebutuhan energi mereka juga sedikit.

2. Tidur lebih banyak
Dalam 2 atau 3 bulan sebelum seseorang menemui kematiannya, mereka cenderung memiliki waktu terjaga lebih sedikit.

Kurangnya waktu sadar ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang akan tidur lebih nyenyak.

-iklan-

3. Otot menjadi lebih lemah
Pada hari-hari menjelang kematian, otot seseorang mungkin menjadi lemah. Hal tersebut memungkinkan orang tersebut menjadi tidak bisa melakukan tugas kecil yang sebelumnya bisa dilakukan, seperti memegang cangkir minum dan mengembalikan badan di tempat tidur.

4. Suhu tubuh menurun
Pada hari menjelang kematian, darah fokus mengalir ke organ dalam. Hal tersebut berarti sangat sedikit darah yang mengalir di tangan dan kaki mereka.

Hal itu juga dapat dirasakan pada kulit mereka yang cenderung lebih dingin saat disentuh. Kulit mereka juga tampak lebih pucat atau berbintik-bintik dengan bercak biru atau ungu.

5. Mengalami kebingungan
Seseorang yang menjelang kematian, otak mereka biasanya masih aktif. Namun, biasanya mereka tampak kebingungan atau tidak koheren. Hal ini mungkin terjadi jika mereka kehilangan jejak dari apa yang terjadi di sekitar mereka.

6. Pernapasan berubah
Seseorang yang sekarat mungkin tampak seperti mengalami kesulitan dalam bernapas. Pernapasan mereka dapat secara tiba-tiba berubah kecepatannya.

Terkadang mereka menjadi terengah-engah, atau di lain waktu mereka berhenti di antara napas.

7. Halusinasi
Beberapa orang yang tengah menjalani hari menuju kematian, seringkali mengalami beberapa halusinasi atau penglihatan yang menyimpang.

Tidak perlu khawatir dan mengoreksi penglihatan mereka, karena hal tersebut hanya akan menambah penderitaan bagi mereka.

(detikhealth)

Komentar Pembaca