Demi Warganya, Bupati Konut Sambangi Kepala BPVP Kendari Dini Hari

22
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Memikirkan kesejahteraan dan peningkatan kualitas sumber daya masyarakatnya, Bupati Konawe Utara (Konut) Dr. Ruksamin, M.Si., IPU., ASEAN.Eng melakukan kunjungan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Selasa (14/06/2022).

Kunjungan tesebut diterima Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu di rumah jabatannya pukul 00.12 Wita, untuk membahas pemberdayaan alumni pelatihan sekaligus teknis penyelenggaran pelatihan pada Balai Pelatihan Kerja (BLK) Komunitas di Kabupaten Konut dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) BLK Kabupaten Konawe Utara. 

Ruksamin menuturkan, saat ini pihaknya telah memiliki BLK Komunitas dan BLK UPTD di Kabupaten Konawe Utara, hanya saja belum berjalan karena ada beberapa kendala diantaranya masalah instruktur atau tenaga pengajar.

“Alhamdulillah, meski waktunya bukan lagi di jam kantor, saya tetap disambut dan diterima baik oleh saudara saya Kepala BPVP Kendari untuk membahas peningkatan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakat di Konawe Utara. Ini adalah sesuatu yang luar bisa,” katanya.

Ia menjelaskan, wilayah Konawe Utara merupakan daerah berkembang yang memiliki banyak industri mulai dari tambang, pengelolaan minyak kelapa sawit dan juga pengalengan ikan. Dari beberapa hal itu, maka angkatan kerja yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi sangat dibutuhkan.

-iklan-

“Hal dasar ini yang membuat saya harus duduk bersama dengan Kepala BPVP Kendari. Saya berharap, kami bisa dibantu dan didukung dalam peningkatan sumber daya masyarakat sehingga mampu menghasilkan angkatan kerja yang siap pakai,” jelasnya.

Menyikapi hal itu, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, pihaknya siap mendukung program Bupati Konawe Utara membuka pelatihan pada BLK Komunitas dan BLK UPTD Kabupaten Konawe Utara sehingga mampu menghasilkan angkatan kerja berkualitas yang kelak dapat membantu pengembangan daerah, bangsa dan negara.

“Kebetulan, saya dengan Pak Bupati Konawe Utara sama-sama senang melayani, jadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja kami siap membantu tidak peduli itu jam berapa. Atas hal itu pula, kami di BPVP Kendari akan berupaya semaksimal mungkin mendukung program kerjanya dan kami bersepakat untuk melakukan kerja sama yang akan kami atur dalam Memorandum of Understanding (MoU),” terangnya.

Adapun dukungan yang diberikan, lanjut orang nomor satu di BPVP Kendari, pihaknya akan menyiapkan dan menugaskan instruktur BPVP Kendari sebagai solusi dari penyelenggaraan pelatihan di BLK Komunitas Kabupaten Konawe Utara, sedangkan untuk solusi dari kurangnya tenaga pengajar atau instruktur di BLK UPTD Kabupaten Konawe Utara, pihaknya meminta kesediaan pegawai negeri sipil (PNS) di sana untuk dilatih dan mengikuti Pendidikan Dasar Instruktur  sehingga bisa menjadi instruktur tetap di BLK Konawe Utara. 

“Kami juga akan mengalokasikan sisa paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU) pada tahun anggaran 2022, sebanyak dua paket di Kabupaten Konawe Utara,” beber mantan Kepala Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini.

Diketahui, di penghujung malam Pukul 02.00 Wita, Bupati Kabupaten Konawe Utara Ruksamin, M.Si., IPU., ASEAN.Eng pamit meninggalkan BPVP Kendari untuk kembali ke Kabupaten Konawe Utara karena pagi harinya akan menerima kunjungan kerja Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Konawe dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Sultra.

Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pak  Ruksamin dan berharap di setiap langkahnya dalam memperjuangkan kebaikan dan kesejahteraan hidup masyarakat di Kabupaten Konawe Utara  bernilai ibadah dan diganjar dengan pahala oleh Allah Subhanahu Wata’ala. (Red)

Komentar Pembaca