Bosan Es Kopi Susu, Ini Racikan Dirty Coffee yang Creamy Enak

22
Dengarkan Versi Suara

Jakarta – Es kopi susu sudah menjadi racikan kopi populer bagi pencinta kopi. Ada dirty coffee yang layak dicicip karena rasanya tak kalah enak. Ini racikannya!
Kopi merupakan minuman nikmat yang punya banyak penggemar di Indonesia. Selain kopi hitam, ada beberapa racikan kopi yang populer yang dibuat dengan tambahan banyak bahan.

Dilansir dari Bean Poet (26/2), salah satu racikan kopi yang bisa dicoba kalau sedang bosan dengan es kopi susu adalah dirty coffee. Racikan kopi satu ini memiliki tampilan yang cukup cantik dan rasanya nikmat.

Sekilas memiliki tampilan yang mirip coffee latte dan dalgona coffee. Penasaran dengan rasanya, ada beberapa fakta menarik tentang dirty coffee.

1. Apa itu dirty coffee?

Dirty coffee merupakan varian baru dari racikan minuman kopi. Sebenarnya mirip sekali dengan latte karena bahan utamanya sama, yaitu espresso dan susu.

Hanya saja memiliki penyajiannya berbeda. Kalau coffee latte, espresso ditunagkan lebih dulu baru ditambahkan susu. Sedangkan dirty coffee, susu dituangkan terlebih dahulu, baru dituangkan espresso di atasnya.

Susu yang dipakai untuk dirty coffee harus dalam kondisi benar-benar dingin. Karena untuk menciptakan ciri khas minuman berupa tampilan yang berlapis.

Lantas mengapa dinamakan dirty coffee? Karena lapisan susu dingin dan espresso yang panas akan bergabung menjadi minuman hangat. Cangkir kopi itu akan semakin terlihat kotor seiring waktu lapisan espresso turun ke permukaan susu.

2. Darimana asal dirty coffee?
Dirty coffee yang sudah cukup populer di dunia ini ternyata berasal dari Jepang. Tapi ada juga beberapa sumber yang mengklaim kalau dirty coffee berasal dari Korea.

-iklan-

Hampir semua coffee shop di Jepang memiliki menu ini. Hanya saja menggunakan resep dan bahan yang berbeda.

3. Cara menikmati dirty coffee

Saat menyajikan dirty coffee, sebaiknya menggunakan gelas atau cangkir bening. Sehingga lapisan cantik dari dirty coffee dapat terlihat jelas.
Seperti semua minuman berbasis espresso, dirty coffee dinikmati dengan cara diseruput. Jika kopinya terlalu panas, tunggu sebentar, tapi jangan didiamkan terlalu lama.

Dikarenakan jika kopi panas dan susu dingin mencapai suhu ruangan, secangkir dirty coffee akan menjadi keruh. Kopi ini akan kehilangan kontras dalam rasa saat diseruput.

4. Cita rasa dirty coffee
Resep dasar dirty coffee membutuhkan espresso yang pekat di atas susu yang creamy. Kamu bisa merasakan aroma agak smokey, pahit, dan harum dari espresso shot.

Susu dingin akan melapisi lidah dan mengurangi rasa pahitnya. Ini dapat menyeimbangkan rasa dan aroma espresso yang lebih lembut ketika menyesapnya. (detik.com)

Komentar Pembaca