Viral, Mobil Minibus Diturunkan Dari Kapal Kayu Di Pelabuhan Bajoe

151
Dengarkan Versi Suara

-iklan-

BONE – Video sebuah mobil minibus diturunkan dari kapal kayu di Pelabuhan Rakyat Bajoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel),pada Sabtu (30/4) lalu.

Diketahui, kapal kayu yang memuat mobil itu berangkat dari Pulau Kabaena, Sultra. Dalam video viral berdurasi 2 menit 20 detik itu, tampak sebuah mobil minibus warna putih tengah diturunkan dari sebuah kapal kayu. Warga pun berjibaku membantu menurunkan mobil itu.

Melansir dari Detik.com, “Itu kejadiannya sekitar pukul 13.32 Wita di Pelabuhan Rakyat Bajoe, yang tempat kapal barang memang,” kata seorang warga Syahrul saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Rabu (4/5/2022).

Syahrul menuturkan saat itu dia sedang memancing ikan di sekitar pelabuhan. Kemudian ia melihat kapal kayu dari Kabaena, Sulawesi Tenggara (Sultra) sandar dan memuat sejumlah motor dan satu mobil.

“Saya mancing di situ baru itu kapal masuk, saya liat ada motor dan mobil di kapal, makanya saya mendekat untuk merekam,” ujar Syahrul.

Proses mobil diturunkan itu membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Mulai dari menurunkan kayu yang menjadi tumpuan dari kapal, lalu dibantu oleh beberapa anak buah kapal (ABK) dan penumpang.

“Awalnya ban depan diangkat naik ke kayu, baru perlahan dikasih jalan untuk menaikkan juga ban belakang. Setelah naik semua kayunya ditekan biar mobilnya naik di atas kayu. Kayak di cungkil itu mobil,” jelasnya.

Mobil yang sudah naik di atas papan kemudian perlahan diturunkan dengan mengikuti arahan dari sejumlah warga. Sopir juga harus jeli dan teliti mengendarai mobil, karena perahu terus bergoyang diterpa ombak.

“Yang dikhawatirkan karena kayu yang satunya lembek, dan harus diberikan gas elpiji yang warna merah muda itu untuk menopang kayunya, karena kalau tidak pasti akan patah,” ungkapnya. Syahrul menambahkan, saat itu penumpang kapal memang tidak begitu banyak. Kendaraan seperti motor juga hanya tiga unit dan ditambah satu unit mobil.

“Kejadian ini baru pertama kali saya lihat karena aneh diturunkan cara begitu. Itupun satu kayunya lembek. Kapal itu datang dari Kabaena. Dari pasang kayu sampai turun mobil sekitar 10 menit lamanya,” tukasnya. (dtk/KE)

Komentar Pembaca