Hari Pertama Berkantor, Kehadiran ASN Lingkup Pemprov Diatas 80 Persen

56
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Hari pertama berkantor pascalibur panjang dan cuti bersama, kehadiran ASN lingkup Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara rata-rata diatas 80 persen.


Hal ini terungkap saat dilakukan sidak kehadiran ASN oleh Wakil Gubernur Sultra, Dr H Lukman Abunawas SH MSi, yang didampingi Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD bersama sejumlah pejabat terkait lainnya, Senin (9/5).


Sidak yang dipimpin langsung oleh Wagub bersama Pj Sekda Pemprov Sultra tersebut dimulai dari kompleks perkantoran Gubernur Sultra, diantaranya Biro Sekretariat Daerah Sultra, Kantor BPKAD, dan Bapenda.


Selanjutnya di Kantor BKD, Inspektorat, Dinas Perhubungan, Dinas Hortikultura, dan DPMD. Total sidak kehadiran ASN pada hari pertama tersebut mencapai 21 instansi, baik itu berupa OPD maupun dinas.
Wagub Sultra, Dr H Lukman Abunawas SH MSi mengatakan, sidak kehadiran ASN lingkup Pemprov tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WITA dan hasilnya rata-rata diatas 80 persen.

-iklan-


“Tentu bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan yang jelas, baik itu karena sakit ataupun tugas dinas luar secara resmi maka akan diberikan sanksi tegas,” ucap pasangan politik H Ali Mazi SH ini.
Sanksi pertama, lanjutnya, bisa berupa pemotongan tunjangan kinerja, penundaan kenaikan pangkat, dan jika terdapat catatan sebelumnya juga tidak hadir maka bisa berup teguran keras.


Wagub Sultra ini mengakui, peningkatan kehadiran ASN tersebut mengalami peningkatan dibandingkan hari pertama berkantor pasca-libur hari raya tahun sebelumnya.


“Kehadiran ASN lingkup Pemprov Sultra ini wajib kita berikan apresiasi karena tidak terlena dengan libur serta cuti bersama yang cukup pajang yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Beda dengan tahun sebelumnya yang cukup singkat, sehingga kalaupun kehadiran ASN signifikan maka wajar saja,” ucapnya.


Sementara itu, Pj Sekda Pemprov Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD yang bertolak dari Jakarta ke Kota Kendari untuk melaksanakan tugas dinas, lebih dulu melakukan sidak di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, sebelum akhirnya bergabung dengan tim sidak pada pukul 08.00 WITA di kompleks perkantoran Kantor Gubernur Sultra.


“Tahun lalu Dikbud Sultra cukup signifikan kehadirannya, sehingga hari ini kita pastikan kembali dan semangatnya tetap sama. Semoga kehadiran ASN lingkup Pemprov yang rata-rata diatas 80 persen ini, dapat terus ditingkatkan, tidak hanya saat sidak saja melainkan secara terus menerus,” tutur akademisi asal Moronene Bombana ini.

Pria yang menyelesaikan studi S3 di The Australian National University of Cambera ini pun menambahkan, setelah hari pertama tersebut, sidak kehadiran ASN akan kembali digelar pada hari kedua.(RILIS)

Komentar Pembaca