Dunia Hiburan Tanah Air Kembali Kehilangan, Aktris Senior Mieke Wijaya Meninggal Dunia

89
Dengarkan Versi Suara

KENDARIEKSPRES.COM – Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia. Hal itu diketahui setelah Sineas Nia Zulkarnaen membagikan informasi duka yang mengabarkan bahwa Mieke Wijaya, ibundanya meninggal dunia, Selasa (3/5/2022) malam.

Dari informasi yang dibagikan Nia Zulkarnaen melalui pesan WhatsApp, Selasa malam, Mieke Wijaya mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa pukul 19.30 WIB.

“Telah berpulang ke Rahmatullah dengan tenang, Hj Mieke Widjadja binti De Ryder di usia 82 tahun, Selasa 3 Mei 2022 pukul 19.30 WIB,” tulis Nia.

Informasi yang diterima, rencananya jenazah akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (4/5/2022) ba’da Zuhur

-iklan-

“Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan semasa hidupnya. Semoga almarhumah khusnul khotimah,” tulis Nia Zulkarnaen.

Sekadar informasi, Semasa hidupnya, wanita yang merupakan alumni Akademi Teater Nasional Indonesia itu memulai karirnya pada tahun 1955 dengan membintangi film pertamanya berjudul Gagal. Setelah itu, puluhan judul film sempat diperankan oleh ibunda Nia Zulkarnaen itu di mana “Ayat-ayat Cinta” di tahun 2008 menjadi film terakhir baginya.

Mieke Wijaya tercatat pernah berakting di 78 judul film dan 30 sinetron, termasuk serial Losmen.

Di Industri perfilman, Mieke juga sempat mengukir prestasi dengan menyabet 3 piala Citra (Festival Film Indonesia) tahun 1967 yakni sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film “Gadis Kerudung Putih”, lalu Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di Tahun 1975 lewat film “Ranjang Pengantin” dan Pemeran Utama Wanita Terbaik di tahun 1981 lewat film “Kembang Semusim”.

Lalu di Festival Film Bandung tahun 2011 dan Ajang Indonesian Movie Actors Awards, Mieke juga sempat menyabet penghargaan Lifetime Achievement Awards atas karyanya di industri perfilman Tanah Air.

Dari pernikahannya bersama mendiang Dicky Zulkarnaen, Mieke Wijaya memiliki 4 anak, salah satunya sineas Nia Zulkarnaen. (*)

Komentar Pembaca