Diusia Ke-191 Tahun, Kota Kendari Siap Menjadi Kota Tren Teknologi Digital Masa Depan

67
Dengarkan Versi Suara

KENDARI – Di hari jadi Kota Kendari ke-191, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan terima kasih kepada pendahulunya yakni mantan Wali Kota Masyhur Masie Abunawas, Ir.Asrun, dan Adriatma Dwi Putra (ADP) bersama para mantan Wakil Walikota Kendari. Sulkarnain mengakui, para pendahulunya itu sangat berjasa dalam membangun Kota Kendari.

“Izinkan saya untuk menyapa dan memberikan penghormatan kepada walikota senior Masyur Masie Abunawas dan pasangannya Andi Musyakir Mustafa kita berikan applaus, yang sudah memberikan karya di jamannya dan juga saya mengirim salam hangat dan hormat kepada bapak Ir.Asrun dan pasangannya bapak Musadar Mapasomba yang juga sudah memberikan jejak pembangunan di kota Kendari, juga salam hangat saya kepada bapak Adriatma Dwi Putra dan seluruh tokoh masyarakat, seluruh pihak yang telah memberikan kontribusi dan karya nyatanya untuk Kota Kendari,”ungkap Wali Kota Sulkarnain Kadir saat menjadi inspektur upacara pada perayaan HUT ke-191 Kota Kendari, Senin, (9/5/2022).

Peringatan HUT Kota Kendari tahun ini mengangkat tema “Kendari Sukses, Masyarakat Sejahtera”, tema tersebut sejalan dengan visi Ketua Pengurus  Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) itu . Yang unik pada upacara di Kantor Walikota Kendari itu, seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Kendari menggunakan Pakaian Adat Nusantara dan Tenun Sultra. Tak hanya itu, seluruh tamu undangan yang memenuhi tribun kehormatan, termasuk Forkopimda Kota Kendari.

Sementara Sulkarnain kadir menggunakan baju adat suku tolaki, sedangkan yang menjadi pemimpin upacara, yakni Camat Kendari Laode Muh. Maluadi Poto, menggunakan baju adat suku Muna.

-iklan-

Dalam sambutannya, SUL sapaan akrab Sulkarnain, memaparkan sejumlah hal yang telah dilakukan pemerintah Kota Kendari di masa kepemimpinannya bersama wakilnya Hj. Siska Karina Imran. Orang nomor satu di Kota Kendari itu juga sebelumnya menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh ASN yang ada di pemerintah Kota Kendari.

“Setelah kita melewati ibadah puasa ramadhan, kita mendapatkan spirit yang mendorong kita sebagai warga kota Kendari, untuk berkontribusi terhadap pembangunan kota Kendari, tentu dengan ruang lingkup dan tanggung jawab kita masing-masing,” ucapnya

Lanjut suami Sri Lestari itu mengatakan, diusia ke-191 Kota Kendari ini, membutuhkan injeksi dan energi positif dari segenap komponen pembentuk teritori Kota Kendari, berupa kesatuan irama langkah antara masyarakat dan jajaran aparatur pemerintah sehingga menjadi kekuatan yang  paling efektif dalam upaya mengakselerasi eksplorasi beragam kandungan sumber daya yang dimiliki kota Kendari.

Kata dia, soliditas institusional dan soliditas sosial menjadi sumber kekuatan untuk memberdayakan keunggulan daerah yang dimiliki Kota Kendari. Dalam rangka itu, Sulkarnain mengajak seluruh pihak, terutama generasi penerima estafet tongkat kepemimpinan untuk terus mengembangkan potensi diri menjadi pribadi yang unggul.

“Saya sangat yakin setiap pribadi unggul, generasi penerima estafet tongkat kepemimpinan akan mampu mengangkat harkat dan martabat sebuah generasi tanpa melupakan jasa para pendahulu yang mampu telah berkontribusi dan berjasa meletakkan dasar yang kokoh bagi konstitusi pembangunan kita di kota Kendari,”katanya.

Pada momentum HUT Kota Kendari ke-191 Tahun ini, SUL menegaskan bahwa kota Kendari siap menyongsong kemajuan teknologi dimasa yang akan datang.“Untuk itu hari ini kita akan memperkenalkan satu teknologi yang mungkin sangat baru bagi masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia yaitu satu platform yang akan kita sebut sebagai KENDARI METAVERSE,” Tukasnya

Pada upacara tersebut, diberikan juga penghargaan kepada pilar-pilar sosial yang telah turut aktif dalam penanganan masalah sosial di masyarakat Kota Kendari, serta sejumlah mitra kerja yang turut serta menuntaskan masalah sosial dimasyarakat diantaranya; PT Pos Indonesia Cabang Kendari melalui penyaluran bantuan pangan tunai, BPJS kesehatan Cabang Kendari melalui program jaminan kesehatan dan selanjutnya penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu. (red)

Komentar Pembaca